Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kejuaraan Pencak Silat HUT Bhayangkara ke-78 Diikuti Ratusan Peserta
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 10-05-2024 | 19:00 WIB
Pencak-Silat-Tpi1.jpg Honda-Batam
Kejuaraan Pencak Silat HUT Bhayangkara ke-78 di Kota Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan peserta dari berbagai perguruan mengikuti Kejuaraan Pencak Silat HUT Bhayangkara ke-78 dengan tema 'Marwah Pencak Silat Menuju Sukan Olimpiade' yang berlangsung di Tanjungpinang City Centre (TCC), Jumat (10/5/2024).

Kejuaraan ini dibuka Karo Ops Polda Kepri Kombes Pol Ulami. Dalam sambutannya, Kombes Pol Ulami Sudjaja mengatakan, dalam memperingati HUT Bhayangkara Ke 78 terdapat beberapa cabang olahraga (Cabor) yang dilakukan salah satunya Pencak Silat.

"Mudah-mudahan bisa lahir bibit-bibit atlet yang muncul dalam kejuaraan ini, total puluhan juta yang telah siapkan," ujar Kombes Pol Ulami.

Ia berharap Kejuaraan Pencak Silat tersebut dapat menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah daerah setempat

"Mudah-mudahan ini menjadi agenda rutin bagi pemerintahan daerah Kabupaten di Provinsi Kepri," ungkapnya.

Sementara itu, Penasehat PB IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Pusat, H. Huzrin Hood mengungkapkan rasa terima kasih kepada Polda Kepri berpartisipasi mengadakan Pencak Silat dengan memperebutkan Piala Kapolda Kepri.

"Harapan saya sebagai orang tua dan juga tokoh Melayu mengharapkan peran Bapak Kapolda agar dapat membantu setiap Kabupaten/Kota memiliki gelanggang Silat," jelas Huzrin.

Pada Kejuaraan Pencak Silat tersebut, lebih kurang sebanyak 240 an orang mengikutinya bahkan hingga Johor Malaysia turut serta dalam Kejuaraan tersebut.

Ketua IPSI Tanjungpinang Iptu Syamsuria menjelaskan untuk atletnya sebanyak 240 orang termasuk dari Johor 41 orang,

Brimob 11 Perguruan dan 7 utusan sekolah untuk persiapan Pekan Olahraga Daerah (Popda) pada bulan Juli mendatang di Kota Batam.

"Hari Bhayangkara ini tujuannya mempererat tali silaturahmi antara Polri dan masyarakat serta pecinta silat," terang Surya.

Surya juga melanjutkan jika dari Negara Singapura juga akan hadir, namun terkendala waktu dan kegiatan lainnya sehingga tidak bisa hadir.

"Singapura sebenarnya mau datang, tapi terkendala waktu yang mepet dan ada kejuaraan juga di Singapura sehingga mereka berikan ucapan selamat kepada kita," tuturnya.

Surya menambahkan Kejuaraan Pencak Silat ini berlangsung selama 3 hari berturut turut sampai hari Minggu tanggal 12 Mei 2024.

"Penutupannya hari Minggu pukul 20:00 WIB, sekaligus penyerahan piagam penghargaan, medali dan piala oleh Kapolda Kepri," pungkasnya.

Editor: Yudha