Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nasib Buruh PT SCI Batam Masih Belum Ada Titik Terang
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 23-08-2013 | 15:36 WIB
rapat_disnaker.jpg Honda-Batam
Rapat di Disnaker Kota Batam membahas langkah dan solusi bagi buruh PT SCI.

BATAMTODAY.COM, Batam - Nasib buruh PT SCI masih belum ada titik terang mengingat hingga saat ini belum ada kepastian pemerintah dalam mengambil langkah-langkah mengatasi permasalahan buruh tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam melakukan rapat bersama dengan instansi terkait, Jumat (23/08/2013) sekitar pukul 13.30 WIB.

"Seusai rapat koordinasi yang dilakukan tertutup menuturkan rapat ini sebagai tindak lanjut nasib karyawan SCI  dimana masih adanya hak-hak karyawan yang belum terpenuhi terutama pesangon dan Jamsostek," ujar Zarefriadi, Kepala Disnaker Batam kepada BATAMTODAY.COM.

Kata Zaref, menurut rencana pada Senin (26/08/2013) mendatang, perwakilan BP Batam akan berangkat ke Jepang untuk bertemu induk PT SCI. Meski demikian, tak ada perwakilan dari BP Batam yang hadir dalam rapat tadi.

Menurut Zarefriadi sebelum lebaran Disnaker sudah mengimbau  kepada para pekerja untuk mencari pekerjaan lain sambil menunggu upah mereka yang masih dalam proses.

"Meskipun buruh tersebut masih terikat kontrak kebijakan, kami melegalkan itu pada saat sudah legal mereka dapat bekerja di perusahaan lain. Ini dilakukan agar kebutuhan buruh bisa terpenuhi tentunya mengurangi beban buruh tersebut," ujar Zaref.

Editor: Dodo