Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lebih 200 Orang Terduga Kriminal Ditangkap Polisi Malaysia
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-08-2013 | 01:07 WIB

BATAMTODAY.COM, Penang - Lebih dari 200 orang yang dicurigai pelaku kriminal telah ditangkap sejak Sabtu. Penangkapan tersebut diizinkan di bawah Akta Pencegahan Kejahatan 1959 (Amandemen 1983), yang memungkinkan penahanan sampai 72 hari.


Operasi penangkapan tersebut digelar menyusul serangkaian ksus penembakan yang menewaskan  22 orang sejak Mei.

Inspektur Jenderal Polisi, Tan Sri Khalid Abu Bakar, mengatakan operasi dimulai dengan menyelidiki orang-orang mencurigakan, tempat pertemuan rahasia, dan sarang narkoba. "Kita perlu membawa para tersangka ke hakim agar perintah penahanan 14 hari akan diberikan," kata Khalid, dalam konferensi pers di Penang, Senin, seperti dikutip The Malaysian Insider.

Jika polisi perlu memperdalam penyelidikannya, wakil jaksa penuntut umum harus menulis ke hakim untuk mendapatkan lain 28 hari.

Sebelumnya, polisi telah menembak mati lima orang yang diyakini terkait dengan setidaknya 10 pembunuhan di Penang, Kedah dan Negeri Sembilan. Kelimanya juga akan membunuh korban di Penang dan Kedah, namun gagal.

Senin pagi sekitar pukul 04.30 waktu setempat, polisi telah mendatangi sebuah apartemen di Sungai Nibong di 04:30 setelah menerima informasi mengenai tempat persembunyian para tersangka. Kelima tersangka melakukan perlawanan sehingga terjadi saling tembak.

Khalid sendiri mengecam berbagai kritik kepada polisi selama beberapa pekan terakhir karena dianggap tidak mampu untuk mengentaskan kasus-kasus  penembakan yang terjadi. (*)

Editor: Dodo