Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mas Kawin Tinggi, 45 Persen Pria Malaysia Pilih Membujang
Oleh : Redaksi
Senin | 12-08-2013 | 17:04 WIB
sdc12285.jpg Honda-Batam
foto: ilustrasi

KUALA LUMPUR, batamtoday - Ternyata, hampir separuh pria di Malaysia (terpaksa) memilih membujang. Mahalnya mahar yang ditetapkan oleh pihak calon mempelai perempuan, telah mengurungkan niat laki-laki Malaysia untuk menikah di usia produktif.


Sebagaimana dilansir laman Malaysian Edition, biaya menikah yang mencapai puluhan ribu ringgit,  kemudian tingginya mas kawin yang ditetapkan oleh pihak calon perempuan mengikut status keluarga, taraf pendidikan, dan kecantikan, menjadi penyebab banyak anak muda yang baru bekerja terpaksa menabung dalam waktu yang lama demi mengumpulkan uang.

Sidang Dewan Negara pada tahun lalu dilaporkan, pada suatu penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Pembangunan Wanita, Keluarga dan Masyarakat pada 2010, mendapati bahwa faktor para lelaki yang tidak menikah adalah karena masalah keuangan (44,7 persen), selanjutnya hanya karena tidak cocok (19,3 persen).

Menurut seorang lelaki, sebut saja Mohd Kamil, 31, uang hantaran sebesar 11.000 ringgit (sekitar Rp35 juta) serta biaya belanja untuk kenduri mencapai 20.000 ringgit (sekitar Rp63 juta), telah memaksanya untuk menangguhkan niatnya untuk menikahi kekasih yang dikenal tiga tahun lalu itu. (*)

Editor: Dodo