Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Direktur KPK Singapura Segera Diganti
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-08-2013 | 18:10 WIB

SINGAPURA, batamtoday - Sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri Singapura, hari ini, mengumumkan, Direktur Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) Eric Tan. Penggantian tersebut menyusul skandal terbaru di lembaga KPK-nya Singapura itu dimana seorang asisten direktur didakwa telah mengemplang dana publik sebesar 1,7 juta dolar Amerika selama empat tahun.

Tan, yang memimpin biro ini sejak 2010, akan meninggalkan CPIB ketika masa jabatannya berakhir pada 30 September mendatang. Jabatannya tidak diperpanjang. Dia akan digantikan oleh Wong Hong Kuan, yang saat ini menjaabat Kepala Eksekutif Badan Pengembangan Tenaga Kerja Singapura.

Wong, mantan deputi komisaris polisi, akan bergabung dengan CPIB (ditunjuk) sebagai direktur  pada 1 September dan mengambil alih dari 1 Oktober.

Bulan lalu, Edwin Yeo Seow Hiong, Kepala Penelitian Lapangan Biro dan Dukungan Teknis Cabang CPIB, didakwa atas penyelewengan dana.

Sebagaimana dilaporkan The Straits Times, Tan mengatakan, kantor Perdana Menteri telah mengeluarkan surat peringatan resmi dan dia menyatakan menerima tanggung jawab atas penyimpangan pengawasan yang mengarah ke penyalahgunaan dana di lembaga tersebut. Pendahulunya, Soh Kee Hean, juga meninggalkan CPIB pada 2010 setelah sebelumnya diberi peringatan atas kasus penyimpangan yang terjadi pada periodenya. (*)

Editor: Dodo