Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikira Sudah Sembuh, Ahmad Yani Ditemukan Gantung Diri
Oleh : Hendra Zaima
Rabu | 13-04-2011 | 15:19 WIB
mayat.JPG Honda-Batam

PKP Developer

Suasana ketika jenasah Ahmad Yani dibawa dari rumahnya di kawasan Bengkong Abadi ke RSOB untuk visum. (Foto: Hendra Zaimi).

Batam, batamtoday - Ahmad Yani (34) mantan pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang diperkirakan oleh keluarganya sudah sembuh, tiba-tiba ditemukan tewas dalam keadaan gantung diri di rumahnya di Bengkong Abadi Jalan Cendrawasih Blok A/151, Batam, Rabu siang ,13 April 2011.

"Saya tidak tahu apa yang menjadi penyebab anak saya gantung diri," kata Samsidar, ibu kandung Ahmad Yani kepada wartawan.

Samsidar mengatakan sebelum gantung diri, sekitar pukul 10.30 WIB anaknya sempat menyapanya yang kebetulan saat itu dirinya sedang memasak di dapur.

Saat itu Samsidar menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang biasa, karena setelah menegur dirinya, Ahmad Yani langsung masuk ke kamar mandi sambil bersiul-siul.

Usai dari kamar mandi, lanjut Samsidar, anaknya langsung menuju ke ruang depan dan menonton televisi bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Tiba-tiba korban meninggalkan ruang depan dan tidak diketahui kemana perginya. Lama tidak kembali ke ruangan televisi, Andi, adik Ahmad Yani merasa curiga dan segera mencari dimana keberadaannya kakaknya.

Namun alangkah kagetnya dia, ketika melihat kakaknya sudah tergantung di dapur, dekat tangga, dengan menggunakan seutas tali nilon.

Andi pun segera berteraik-teriak membuat anggota keluarga lainya menuju dapur. Ayah korban, Fauzi pun segera menurunkan korban dari tiang gantungan dibantu Andi. Lalu korban diletakan di kasur, korban dilihat masih bernafas. Namun 10 menit kemudian, nafas korban berhenti.

Fauzi, pada awlnya tidak ingin melaporkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian, namun oleh Ketua RT dan tetangga disarankan lebih baik untuk melaporkan kasus tersebut.

Tidak berapa lama petugas Polsek Bengkong pun datang ke tempat kejadian juga Tim Identifikasi dari Polresta Barelang. Setelah melakukan pemeriksaan Tempat Kejadian Petkara (TKP), kemudian korban dibawa ke RSOB, untuk keperluan visum.

Kapolsek Bengkong, AKP Catur Kusnedi kepada batamtoday, mengatakan pihaknya tidak menemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban, dan sejauh ini diduga memang korban bunuh diri. Namun untuk lebih pastinya, nanti kita lihat visum, katanya.

Ahmad Yani merupakan mantan pasien RSJ Pekanbaru yang pernah dirawat selama tiga bulan dan dinyatakan telah sembuh oleh rumah sakit tersebut meski masih diharuskan meminum sejumlah obat untuk perawatan lanjutan.