Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rossi Masuk Trek Menurun
Oleh : Tunggul Naibaho
Selasa | 12-04-2011 | 10:43 WIB

Batam, batamtoday - Juara dunia 7 kali MotoGP, Valentino Rossi, saat ini sedang berada pada trek menurun, dan kejayaanya akan segera berakhir. Hasil awal musim balapan tahun ini, setidaknya dapat dijadikan ukuran.

Finish di urutan ke-7 pada GP pembuka di Qatar, dan hanya berada pada urutan ke-5 di sirkuit Jerez, Spanyol, hanya menempatkan Rossi pada urutan kelima klasmen sementara dengan raihan 20 poin, tertinggal 25 poin dari Jorge Lorenzo yang berada pada urutan pertama.

Posisi ini agak berat bagi Rossi untuk dapat berjaya pada musim balap tahun ini. Apalagi, Casey Stoner dan Dani Pedrosa sedang berada dalam top performanya. Demikian juga dengan Jorge Lorenzo dari Yamaha, pebalap Spanyol ini mempunyai peluang untuk tetap mempertahankan juara MotogGP yang direbutnya tahun lalu.

Juara dunia 500cc lima kali asal Australia, Michael Doohan, memperingatkan Rossi bahwa kejayaan Rossi di MotoGP akan segera berakhir, dan menyarankan kepada pebalap Italy itu untuk segera memikirkan pensiun.

"Saya bukan katakan karir Rossi sudah berakhir. Tapi, ia seperti sedang meniti tangga menuruni lereng gunung," kata Doohan kepada Reuters.

Penurunan prestasi Rossi terjadi pada musim balap tahun 2010 ketika dia mengalami cedera bahu dan kaki. Sesudah itu, 'The Doctors' tidak pernah lagi naik podium. Ditambah lagi usia Rossi yang sudah tidak muda. Doohan mengatakan, masa kejayaan seorang pebalap hanya 10 tahun, sesudah itu, akan menurun.

Pada musim balap tahun ini, Rossi hengkang dari Yamaha dan bergabung dengan Tim Ducati. Namun setelah 2 kali tampil dengan Ducati, tidak ada tanda-tanda performance Rossi akan membaik untuk memenangi gelar pada musim ini.

Seperti kata Michael Doohan, Rossi sedang meniti tangga menurun.

Yaa, Rossi sedang masuk trek menurun.