Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Mirip Freddie Mercury, Patung Gorila Pun Digugat
Oleh : Dodo
Rabu | 10-07-2013 | 16:33 WIB
patung_gorila_norwich.jpg Honda-Batam
(Foto: KapanLagi/BBC)

NORWICH - Patung gorila besar yang digambar menyerupai Freddie Mercury akhirnya dipindahkan dari Kota Norwich, Inggris. Pasalnya patung tersebut dikomplain oleh Mercury Phoenik Trust yang mempertanyakan masalah hak cipta.

Patung tersebut, didesain mirip sekali dengan mantan vokalis Queen. Ciri khas Freddie seperti kumis dan jaket kulit kuning juga ada pada patung yang diletakkan di luar The Forum di Norwich.

Sebelumnya pihak Mercury Phoenix Trust melihat lebih langsung sebelum mengajukan tuntutan. Setelah memperoleh dan dan menyatakan bahwa patung ini mirip dnegan aslinya, maka dinyatakan bahwa patung ini melanggar undang-undang hak cipta.

Mik Richardson, seniman yang membuat patung ini merasa kaget. Dia mengaku bahwa tak ada keinginan untuk menyamai vokalis Queen tersebut.

"Aku tidak bisa tidur ketika mendengar kabar ini. Aku seniman mural dan sangat berhati-hati dengan hak cipta," ujarnya pada BBC News.

Untungnya tak ada tuntutan yang berarti dari Mercury Phoenix Turst. mereka hanya meminta jaket kuning yang dinilai mirip ini untuk diganti.

Sumber: KapanLagi.com