Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peneliti Ciptakan Lena Kontak Ala Superman
Oleh : Dodo
Sabtu | 06-07-2013 | 12:39 WIB
lensa_kontak_superman.jpg Honda-Batam
(Foto: viva.co.id)

SAN DIEGO - Pernah membayangkan memiliki penglihatan seperti supeman? Inovasi baru dari dunia kedokteran, membuat sebuah lensa kontak yang dilengkapi dengan cincin pembesar yang dapat membuat pemakainya memiliki penglihatan telekospik seperti tokoh superman.

Peneliti dari San Diego dan Swiss memasang lensa kontak biasa pada cincin pembesar. Apabila dipakai dengan kacamata Samsung 3D dapat memperbesar adegan 2,8 kali lebih besar dari aslinya. Penelitian ini merupakan kolaborasi dari Eric Tremblay dari École polytechnique fédérale de Lausanne (EDFL) di Swiss dan Joseph Ford dari UC San Diego ini.

Mereka mengkombinasikan lensa kontak dan kacamata untuk membantu memulihkan penglihatan orang yang menderita degenerasi makula yang diakibatkan oleh usia atau kebutaan. Lensa kontak ini memiliki diameter 8 mm dengan tebal 1 mm di tengah lensa. Dan, lensa setebal 1, 17 mm pada cincin pembesar di sekitar tepi.

Cermin aluminium kecil juga ikut dipasang ke cincin pembesar. Cermin ini akan memantulkan cahaya dari benda yang berada di depan pemakainya sekitar empat kali ke dalam cincin, sebelum mengirim gambar tersebut ke retina. Saat gambar diterima oleh retina, tampilannya akan diperbesar hingga 3 kali lipat.

Saat lensa dipakai dalam 'mode biasa', gambar yang diperbesar akan terblokir oleh filter polarisasi yang dipasangkan dengan kacamata Samsung 3D yang telah dimodifikasi. Jika ingin beralih ke 'mode telekospik', pemakai dapat mengubah filter tersebut. Sehingg,a satu-satunya cahaya yang diterima rerina adalah cahaya rang diciptakan oleh proses pembesaran.

Lensa ini memiliki saluran kecil di sepanjang permukaan yang membantu oksigen untuk keluar masuk, sehingga lensa dapat tetap 'bernapas'. Dengan begitu, lensa dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sumber: viva.co.id