Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FA Perintahkan Wasit Beri Hukuman Agar Pemain Kapo

Tuntut Tegas Pemain Ucapkan Kata Kasar
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 09-04-2011 | 17:20 WIB

London, batamtoday - Para pemain yang berlaga di Liga Premier Inggris dituntut untuk lebih santun. Federasi Sepakbola Ingris, FA menegaskan kalau para pemain tidak boleh mengeluarkan kata-kata kotor selama pertandingan berlangsung di lapangan hijau.

FA telah membuat keputusan dan memerintahkan wasit untuk memberikan hukuman agar para pemain kapok. Keputusan ini diambil menyusul insiden yang terjadi di Stadion Boleyn Ground kandang West Ham United, striker Manchester United Wayne Rooney mengucapkan kata-kata kotor tepat di depan kamera televisi.

Kata-kata kotor yang diharamkan adalah yang ditujukan langsung kepada orang lain pada suatu pertandingan. Selain itu, komentar yang mempertanyakan integritas dan kemampuan wasit serta perangkat pertandingan juga dilarang.

FA menilai kata-kata kotor yang keluar dari mulut Rooney adalah seseuatu yang tidak terpuji, dengan mengucapkan kata "F" usai menciptakan hattrick ke gawang West Ham United pada pertandingan pekan lalu. Perbuatannya itu ternyata berbuntut panjang hingga Federasi Sepakbola Inggris (FA) menghukumnya dengan larangan bermain untuk timnya.

Selain sanksi yang didapatkan dari FA, kontrak Rooney dengan pihak Coca-cola Coke Zero sebesar senilai £600 ribu atau sekitar Rp8,4 miliar juga dibatalkan juga oleh perusahaan asal Amerika Serikat ini.