Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Keteteran Biayai Hidup Tahanan di Penjara
Oleh : Dodo
Senin | 01-07-2013 | 14:23 WIB

KUALA LUMPUR - Menteri Dalam Negeri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi menyatakan pihaknya tengah berupaya mengurangi jumlah tahanan asing di penjara Malaysia dengan cara pertukaran tahanan.

Dia menyebutkan ada sekitar 29,4 persen narapidana asing dari 39.144 tahanan di seantero Malaysia. Biaya untuk menghidupi mereka saban hari mencapai Rp 110 ribu per orang. Menurut dia biaya itu lebih baik digunakan untuk menghidupi warga Malaysia, seperti dilansir kantor berita Bernama pekan lalu.

"Pengeluaran pemerintah untuk menghidupi mereka setiap hari per orang adalah Rp 110 ribu. Angka itu cukup besar," kata dia dalam pembukaan Penjara Seberang Perai.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi menyatakan program pertukaran narapidana asing salah satunya ditujukan untuk mengurangi beban yang ditanggung pemerintah Malaysia.

Pemerintah Malaysia, ujar Ahmad Zahid, menghabiskan 400 ribu ringgit atau Rp 1,2 miliar per hari untuk membiayai 11.509 napi asing di berbagai lembaga pemasyarakatan.

Alangkah lebih baik, jika pengeluaran itu digunakan untuk membiayai warga negara Malaysia, kata Zahid.

Menurut dia Malaysia sedang dalam tahap akhir pembicaraan dengan Thailand untuk proses pertukaran napi dan langkah itu juga akan dilakukan dengan Indonesia.

Sumber: merdeka.com