Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ramuan Kunyit Paling Efektif Atasi Nyeri Sendi
Oleh : Dodo
Kamis | 20-06-2013 | 12:11 WIB
kunyit.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kunyit.

BATAM - Nyeri sendi jangka panjang dapat memengaruhi kehidupan normal Anda. Sangat melelahkan dan berkontribusi pada level stres. Selama ini, masalah sendi biasanya diatasi dengan pijat atau mengenakan gel hangat.

Satu lagi cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri sendi, yakni mengonsumsi ramuan kunyit (curcumin). Ini merupakan obat penghilang rasa sakit, karena bisa menghambat COX-2, penyebab peradangan, dan tidak mengubah level normal dari COX-1.

Curcumin, seperti dikutip dari Health Me Up, tidak hanya mengurangi peradangan dan nyeri. Tapi, juga meningkatkan kekuatan tulang rawan. Kekuatan antioksidan yang tinggi pada kunyit juga diketahui bisa memperbaiki kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh peradangan.

Nyeri sendi dan sakit punggung paling sering disebabkan kerusakan bertahap pada tulang rawan yang melindungi sendi. Ini menyebabkan tulang bergesekan satu sama lain, dan mengakibatkan peradangan serta rasa nyeri. Bisa juga disebabkan oleh cedera dan keausan pada tulang serta sendi.

Jurnal penelitian Phytotherapy menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan kunyit lebih efektif daripada obat anti-inflamasi untuk mengatasi rasa sakit ringan yang disebabkan rheumatoid arthritis. Dalam studi tersebut, pasien yang mengonsumsi kunyit selama delapan pekan mengalami penurunan 44 persen dalam gejala nyeri.

Sementara itu, mereka yang mengonsumsi obat anti-inflamasi mengalami penurunan 42 persen. Selain itu, pasien yang mengonsumsi kunyit mengalami penurunan lebih besar dalam peradangan secara keseluruhan dibandingkan dengan kelompok pengobatan.
 
"Kunyit memang berstatus superstar di antara penyembuhan tanaman, karena kemampuannya yang ampuh untuk mengurangi sakit dengan cepat tanpa berpengaruh negatif pada tubuh," kata Chris Kilham, salah satu peneliti tanaman herbal.

Sumber: viva.co.id