Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Australia, Korsel dan Iran Lolos ke Piala Dunia 2014
Oleh : Dodo
Rabu | 19-06-2013 | 11:46 WIB

SYDNEY - Australia mengalahkan Irak 1-0 dan menjadi negara kedua yang memastikan tempat di Piala Dunia di Brasil melalui babak kualifikasi.

Dalam pertandingan berlangsung tegang di depan sekitar 80.000 pendukung di Sydney. Pemain cadangan Australia, Josh Kennedy, menyarangkan gol satu-satunya tim tuan rumah pada menit ke-83 untuk memastikan lolos ke Piala Dunia 2014.

Australia berada di tempat kedua dalam kualifikasi Piala Dunia untuk Asia di Grup B, di bawah Jepang yang sudah memastikan lolos dua minggu lalu.

Stadion di Sydney riuh setelah Kennedy mencetak gol untuk Australia, keberhasilan keempat negara itu ke turnamen besar dunia setelah tahun 1974, 2006 dan 2010.

"Keberhasilan yang menggembirakan bagi negara," kata kapten Timnas Australia, Lucas Neill.

"Tiga Piala Dunia (secara berturut-turut). Maaf, bukan pertandingan yang gemilang namun kami mengalahkan mereka... Australia akan bertolak ke Brasil," tambahnya.

Harapan Irak untuk lolos kualifikasi Piala Dunia berakhir pekan lalu setelah kalah dari juara grup Jepang.

Kemenangan Australia itu juga memupus harapan Oman dan Yordania, yang juga bertanding Selasa (18/06), untuk juga lolos langsung ke Piala Dunia.

Sementara itu dari Grup A, Iran dan Korea Selatan juga lolos ke Piala Dunia tahun depan. Iran menang 1-0 dalam pertandingan di Ulsan Korea Selatan Selasa (18/06) dan memastikan sebagai juara grup. Korea Selatan berada di posisi kedua Grup A dengan perbedaan gol dengan Uzbekistan.

Dalam pertandingan yang diselenggarakan secara simultan Selasa (18/06), Uzbekistan menyusul dari belakang dan menundukkan Qatar 5-1.

Namun Uzbekistan masih dapat lolos dalam pertandingan play-off pada bulan September.

Sumber: BBC