Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bank Data Terbesar untuk Pasien Kanker Didirikan di Inggris
Oleh : Dodo
Kamis | 13-06-2013 | 11:35 WIB

LONDON - Bank data terbesar di dunia untuk pasien kanker didirikan di Inggris dalam upaya meningkatkan pelayanan. Badan kesehatan masyarakat Inggris mengumumkan bank data itu akan mengumpulkan 350.000 tumor baru yang terdeteksi di Inggris setiap tahun.

Tujuan pembentukan bank data itu adalah untuk membuka era "obat yang dipersonafikasikan" sehingga peratawan dapat disesuaikan dengan jenis kanker pasien. Para pakar menyebut langkah ini sebagai "berita besar."

Definisi tentang kanker seperti payudara, prostat dan paru-paru kini berubah. Kanker bermula dengan bermutasinya sel normal yang berkembang secara tidak terkendali dan menjadi tumor. Namun sejumlah besar mutasi dapat menyebabkan kanker dan mutasi yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda pula.

Penelitian genetika tentang kanker payudara misalnya saat ini menghasilkan paling tidak 10 penyakit terpisah dan memerlukan perawatan berbeda.

Bank data ini akan menggunakan informasi dari pasien yang dirawat serta 11 juta kasus lama.

Dengan bank data, akan terlihat bagaimana hasil perawatan pasien yang nantinya akan digunakan untuk kasus-kasus baru di kemudian hari.

Jem Rashbass, direktur nasional pencatatan penyakit di badan kesehatan masyarakat Inggris mengatakan, "Modernisasi pencatatan pasien kanker di Inggris akan menghasilkan data yang paling lengkap di dunia."

Ia mengatakan kepada BBC, "Hal ini akan mengubah cara kami mendiagnosa dan merawat pasien kanker."

Sumber: BBC