Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amerika Serikat Paksa Jerman Tunduk
Oleh : Dodo
Senin | 03-06-2013 | 09:11 WIB
ASVGER.jpg Honda-Batam
(Foto: goal.com)

WASHINGTON - Tuan rumah Amerika Serikat mencetak kejutan lewat kemenangan 4-3 atas raksasa Eropa, Jerman, dalam laga ujicoba di Robert F. Kennedy Memorial Stadium, Washington D.C., pada Senin (3/6/2013) dinihari WIB.

Thriller tujuh gol dibuka oleh Jorzy Altidore sebelum torehan bunuh diri Marc-Andre ter Stegen membuat The Yanks memimpin 2-0 di babak pertama. Die Nationalelf membalas lewat Heiko Westermann selepas turun minum, hanya untuk tertinggal lebih telak usai kebobolan dwigol Clint Dempsey.

Max Kruse dan Julian Draxler menjadikan skor akhir lebih terhormat buat pasukan Joachim Low, yang tetap harus mengaku kalah kepada AS besutan Jurgen Klinsmann, notabene eks striker dan bos Panzer.

Babak Pertama

Amerika Serikat mengawali pertandingan ini dengan lebih baik dari Jerman, beberapa kali mereka mampu memberi tekanan namun masih dapat dihalau dengan baik. Peluang emas pertama Jerman tercipta di menit ke-12 ketika Mertesacker memiliki ruang untuk melakukan tembakan, namun sayang masih menyamping.

Dua menit kemudian, kedudukan akhirnya berubah menjadi 1-0, Altidore sukses menjebol gawang Jerman melalui tendangan voli, memanfaatkan umpan Zusi, yang tidak mampu diantisipasi Marc Andre ter Stegen.

Dan tidak butuh waktu lama bagi tuan rumah untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Tiga menit berselang, kiper Der Panser Ter Stegen melakukan kesalahan saat hendak mengantisipasi backpass dari Howedes, sehingga bola menggelinding ke gawangnya sendiri.

Jerman berusaha bangkit dan sebenarnya mampu memperkecil kedudukan menjadi 2-1 di menit ke-25 melalui gol Miroslav Klose, namun sayang gol tersebut dianulir wasit karena striker Lazio itu telah terjebak dalam posisi offside.

Di menit akhir babak pertama, Jerman lebih mendominasi dan berusaha mengejar ketertinggalan namun tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Die Mannschaft mencoba bangkit selepas turun minum dan meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya segera terlihat di menit ke-52.

Max Kruse, yang tampil sebagai pemain pengganti, melepas tendangan penjuru yang menemui kepala Heiko Westermann. Sundulan pemain Hamburg SV itu pun sukses menaklukkan Tim Howard.

Kendati demikian, Jerman yang tetap terlihat rapuh di sektor belakang kecolongan dua gol lagi dalam rentang empat menit.

Clint Dempsey menyongsong umpan silang Jozy Altidore dengan tembakan akurat di menit ke-60, sebelum memaksa Ter Stegen kembali memungut bola lewat sepakan melengkungnya (64') setelah mengecoh Podolski.

Tertinggal 4-1, skuat Joachim Low menolak mengibarkan bendera putih. Harapan terbuka di menit ke-79 saat Kruse melesakkan gol keren via sepakan brilian dari jarak sekitar 20 yard.

Cuma dua menit setelahnya, Julian Draxler menjadikan skor 4-3 usai menyodok masuk bola rebound tembakan Sidney Sam yang sempat diblok Howard. Di sisa laga, Jerman terus menekan demi mendapatkan gol penyeimbang, tapi usaha mereka sia-sia. AS tetap mengakhiri laga sebagai pemenang.

Sumber: goal.com