Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Pebalap Sepeda Asing Ikut Tour De Barelang
Oleh : Gokli
Sabtu | 25-05-2013 | 14:20 WIB

BATAM, batamtoday - Tour De Barelang salah satu iven tahunan Batam di bidang pariwisata diikuti ratusan pebalap sepeda asing. Sebanyak 256 peserta berasal dari 22 negara, menjajaki rute sepanjang 126 kilometer, mulai dari Sekupang sampai dengan Pulau Barelang, Sabtu (25/5/2013).

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, mengatakan Tour De Barelang digelar untuk mempromosikan Batam, khususnya di bidang pariwisata.

"Tahun depan kita akan undang negara-negara asing secara langsung. Kalau yang sekarang 22 negara ini adalah pebalap yang tinggal di Singapura," jelasnya.

Kegiatan yang sangat didukung oleh Kementerian Pariwisata ini, kata Dahlan akan terus ditingkatkan. Bahkan, akan dibuat paket pengenalan rute ke luar negeri, sebagai langkah mempromosikan Batam.

Sementara itu, Kasubdit Perancangan Pemasaran Pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Budaya, Ganda Sumantri, mengatakan kegiatan ini sangat menjanjikan, dan didukung sepenuhnya.

Kedepan, kata Ganda, Batam harus lebih meningkatkan kegiatan yang dapat menggait wisatawan asing datang ke Batam. Selain Tour De Barelang, bisa juga diadakan kigiatan lain, seperti lomba renang atau sejenisnya.

"Selama ini belum ada kegiatan Batam yang menarik. Mudah-mudahan dengana adanya Tour De Barelang, dapat menarik wisatawan asing ke Batam," kata dia.

Pebalap yang dapat mencatat waktu tercepat menempuh garis finis hanya berhasil dilakukan belasan orang. Dipastikan berjalan lancar tanpa ada masalah. Pemenang pertama akan mendapat hadiah Rp 100 juta.

Editor: Dodo