Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemenang Liga Europa Bisa ke Liga Champions
Oleh : Dodo
Jum'at | 24-05-2013 | 10:05 WIB

NYON - Organisasi sepak bola Eropa, UEFA akan mengumumkan apakah pemenang Liga Europa akan diberi jatah tempat kualifikasi Liga Champions mulai 2016 mendatang.

Kebijakan ini akan diputuskan Jumat (24/5/2013) sebagai upaya untuk meningkatkan nilai turnamen 'kelas dua' di Eropa tersebut.

Keputusan ini akan diambil setelah pembahasan yang berlangsung selama berbulan-bulan oleh pejabat UEFA dan Asosiasi Klub Eropa, ECA.

Selama ini ajang Liga Europa hanya menarik sedikit minat media dengan minim pemasukan ketimbang Liga Champions.

UEFA beberapa kali mencoba serangkaian upaya untuk meningkatkan minat di laga ini, termasuk mengganti namanya menjadi Europa dari sebelumnya Piala UEFA di tahun 2009.

Saat ini Liga Europa dianggap sebagai turnamen 'kelas dua' karena diikuti oleh tim yang berada di peringkat empat atau lima di kompetisi domestik dan klub yang gagal dan menempati peringkat ketiga di babak grup Liga Champions.

Juara musim ini Chelsea masuk ke Liga Europa karena gagal di Liga Champions, demikian juga lawannya di final, Benfica.

Kuota Liga Champions

UEFA juga diperkirakan akan mengumumkan jumlah maksimum klub tiap negara yang bisa lolos kualifikasi Liga Champions dari empat menjadi lima, jika pemenang Liga Europa musim 2015-2016 gagal masuk dalam kualifikasi liga domestik yang disaratkan untuk lolos Liga Champions.

Apabila pemenang dua kompetisi Eropa ini datang dari negara yang sama dan juga tidak masuk kualifikasi pada liga domestik, keduanya akan tetap ikut dalam Liga Champions di musim mendatang.

UEFA sepertinya ingin mencegah kejadian serupa yang pernah terjadi di Liga Primer 2011-2012 saat Chelsea memenangkan Liga Champions dan Tottenham yang berada di peringkat ke empat Liga Primer yang semestinya lolos ke Liga Champions, justru harus bertanding di Liga Europa karena kelebihan kuota.

Sebelum keputusan ini dikeluarkan UEFA juga telah mengumumkan final Liga Champions 2015 akan berlangsung di Stadion Olimpiade Berlin sementara final Liga Europa pada tahun yang sama akan digelar di Stadion Nasional Warsawa.

Pemenang Liga Champions dan Europa dipertemukan dalam ajang Piala Super Eropa.

Sumber: BBC