Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kalah dari Arsenal, Juara Piala FA Terdegradasi
Oleh : Dodo
Rabu | 15-05-2013 | 08:55 WIB

LONDON - Juara Piala FA, Wigan Athletic terhempas turun divisi setelah takluk 4-1 di kandang Arsenal dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Selasa (14/5/2013) malam waktu setempat.

Pertandingan ini mengarahkan kedua tim kepada dua tujuan yang berbeda. Kemenangan dibutuhkan Arsenal untuk menguasai lagi zona Liga Champions, sedangkan Wigan juga memerlukan poin penuh supaya terhindar dari jeratan degradasi.

Babak Pertama

Bertanding di depan pendukung sendiri, Arsenal lebih mendominasi pertandingan.  Laga berjalan dengan tempo sedang dan umpan tendangan penjuru Santi Cazorla membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-11. Pergerakan Per Mertesacker dan Laurent Koscielny di tiang dekat membuat pemain bertahan Wigan lengah. Lukas Podolski lepas dari penjagaan James McArthur sehingga dengan leluasa menyundul bola masuk ke dalam gawang Joel Robles.

Gempuran Arsenal terus terjadi. Kieran Gibbs hampir saja berhasil menyambar umpan silang mendatar Bacary Sagna. Sementara, Wigan hanya sesekali menyerang. Arouna Kone sempat berupaya mendobrak pertahanan, tetapi dapat dibaca dengan baik oleh Koscielny.

Memasuki setengah jam pertandingan, jala gawang Robles kembali bergetar. Theo Walcott menyambut umpan terobosan Mikel Arteta dan berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang. Namun, fans Wigan bernafas lega karena Walcott sudah berada dalam posisi off-side.

Gol balasan Wigan tak disangka-sangka terjadi di menit terakhir babak pertama. Tekel Arteta terhadap Maloney di daerah berbahaya dianggap wasit Mike Dean sebagai sebuah pelanggaran. Maloney tak menyia-nyiakan hadiah tendangan bebas dengan menaklukkan Wojciech Szczesny.

Kedua tim pun masuk kamar ganti untuk jeda dengan kedudukan sama kuat, 1-1.

Babak Kedua

Ritme pertandingan meningkat usai turun minum sehingga pertandingan jadi lebih menarik disaksikan. Dalam lima menit, Wigan mengancam gawang Szczesny dalam dua kesempatan yang berbeda. Kone bertukar umpan dengan Maloney sebelum tendangannya dari jarak dekat dihalau Szczesny. Gawang Szczesny bergetar beberapa saat berselang, tapi Jamie McCarthy sudah dalam posisi off-side.

Ketika Arsenal balik menyerang, Robles melakukan penyelamatan ganda untuk mencegah Cazorla membobol gawangnya. Wigan kehilangan Callum McManaman yang mengalami cedera pada menit ke-57 sehingga terpaksa digantikan Franco Di Santo. Cedera pemain yang baru mendapat panggilan dari timnas Inggris U-21 itu rupanya menjadi titik balik permainan Wigan.

Menit 63, Cazorla terlepas di sayap kanan untuk melepaskan umpan silang yang berhasil diselesaikan Walcott. Wigan melemah dan situasi dimanfaatkan Arsenal menyarangkan pukulan tambahan lima menit berselang. Podolski terlepas menyambut umpan sundulan Cazorla dan dengan mudah menaklukkan Robles. Belum sempat bernafas, Wigan kembali kebobolan pada menit ke-71 melalui aksi individual Aaron Ramsey dari sektor kanan pertahanan mereka.

Pertandingan praktis selesai. Perlawanan sempat diberikan para pemain Wigan untuk mencari keajaiban. Tapi, tidak ada lagi serangan yang mampu membongkar pertahanan Arsenal. Kedudukan 4-1 bertahan sampai selesai.

Dengan hasil ini Arsenal kembali menduduki peringkat keempat klasemen dengan keunggulan satu poin dari Tottenham Hotspur. Untuk memastikan tiket Liga Champions musim depan, Arsenal harus melawat ke markas Newcastle United; sedangkan Tottenham menjamu Sunderland.

Wigan sendiri dipastikan terdegradasi dari Liga Primer setelah tiga hari yang lalu sukses berpesta di Wembley. Latics menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang menjuarai Piala FA dan terdegradasi pada musim yang sama.

Sumber: goal.com