Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barcelona Juara La Liga 2013
Oleh : si
Minggu | 12-05-2013 | 15:34 WIB

SPANYOL, batamtoday - Barcelona dipastikan menjadi juara La Liga 2012/2013, menyusul hasil imbang 1-1 yang didapat Real Madrid kala melawat ke kandang Espanyol di Estadi Cornella-El Prat, Minggu (12/5) dini hari. Dalam laga itu, Espanyol unggul lebih dulu melalui gol yang dibuat Stuani pada manit 23, sebelum disamakan Gonzalo Higuain di menit 13 babak kedua.


Bermain di kandang lawan, Madrid, yang tak menurunkan skuad terbaiknya, memiliki peluang bikin gol lebih dulu. Sayang, tusukan Morata mampu dihentikan kiper Francisco Casilla di dalam kotak penalti. Namun di menit 23, Espanyol tak terbendung untuk mencetak gol lebih dulu.

Melalui sebuah skenario tendangan sudut, memunculkan kemelut di dalam kotak penalti, dan Stuani berhasil menyambar bola guna melesakkannya ke dalam gawang. Espanyol unggul 1-0. Tertinggal satu gol, Madrid coba membalas.

Kerjasama segitiga antara Luka Modric, Angel di Maria dan Morata di menit 35 nyaris memberi Madrid gol penyama. Namun eksekusi yang dilakukan oleh Morata tepat mengarah ke kiper sehingga peluang mencetak gol penyeimbang kembali gagal. Skor 1-0 bagi keunggulan Espanyol bertahan hingga rehat.

Di babak kedua, Jose Mourinho memasukkan Karim Benzema untuk meningkatkan intesitas serangan. Tak lama kemudian Cristiano Ronaldo juga diberi kesempatan masuk lapangan. Dan pergantian pemain tersebut memberi pengaruh positig buat El Real karena tak lama kemudian mereka berhasil mencetak gol penyama.

Baru di menit 58 skor berubah menjadi 1-1. Menyongsong tendangan bebas yang dilepaskan Modric, Higuain membelokkan si kulit bundar dengan kepalanya ke dalam gawang. Pada menit 78 Espanyol punya peluang untuk kembali unggul.

Dari sebuah tendangan bebas, kemelut terjadi di dalam kotak penalti Madrid. Bola yang dibelokkan Forlin mengarah ke Stuani. Namun kali ini dia gagal menjebol gawang Madrid karena dikawal dengan sangat baik oleh Michael Essien.

Tak ada gol tambahan berhasil dibuat kedua kubu hingga laga tuntas. Skor 1-1 pun menjadi hasil akhir laga ini. Hasil imbang ini membuat Madrid mengumpulkan 81 poin dari 36 pertandingan yang sudah dijalani atau terpaut tujuh dari Barcelona yang baru akan melakoni pertandingan ke-35 malam nanti dengan melawat ke Atletico Madrid.

Barca pun dipastikan tak terkejar lagi poinnya sehingga memastikan diri menjadi juara Liga Spanyol 2012/2013, sekaligus menjadi titel nomor 22 buat Barcelona sepanjang sejarah La Liga, atau yang keempat dalam lima musim terakhir.

Sumber : Suaramerdeka.com