Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bungkam West Brom, Citizen Kukuhkan Runner-up Liga Inggris
Oleh : Dodo
Rabu | 08-05-2013 | 09:20 WIB

MANCHESTER - Manchester City kian memantapkan posisi mereka di peringkat kedua Liga Primer Inggris musim ini usai meraih kemenangan tipis 1-0 atas West Brom di Etihad Stadium, Rabu (8/5/2013) dini hari WIB. Gol tunggal dicetak Edin Dzeko pada menit ke-35.

Dengan kemenangan ini, The Citizens mengumpulkan 75 poin hasil dari 22 kemenangan, sembilan imbang, lima kekalahan dan mengukuhkan mereka menjadi runner-up Liga Inggris. Kemenangan ini menjadi modal penting mereka sebelum berjumpa Wigan di final Piala FA yang akan berlangsung di Wembley pada akhir pekan ini.

Babak Pertama

West Brom langsung menggebrak pertahanan tuan rumah di awal babak pertama. Romelu Lukaku bahkan mampu menciptakan tiga peluang bagus, hanya dalam waktu enam menit. Peluang pertama didapat pada menit kedua ketika tendangannya mampu ditepis Joe Hart. Dua menit berselang, giliran sepakannya yang masih menyamping ke sisi kiri gawang City. Begitu pula dengan sundulan kepalanya yang masih tipis ke samping gawang.

City berusaha menguasai permainan. Pada menit kedelapan, Carlos Tevez melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun bola masih menyamping ke sisi kanan gawang B. Myhill.

Peluang bagus didapat City pada menit ke-20. Berawal dari tendangan bebas yang dilakukan Edin Dzeko, bola sempat mampu ditangkap Myhill, namun terlepas. Beruntung, sepakan Jack Rodwell masih melambung jauh di atas mistar gawang. Beberapa saat kemudian, crossing manis Samir Nasri di sisi kanan pertahanan West Brom tidak mampu digapai rekan-rekannya di kotak penalti lawan.

Lime menit berselang, kerjasamanya dengan James Milner diteruskan dengan sepakan keras Tevez dari depan kotak penalti, namun masih tipis di atas mistar gawang.

Jelang pertandingan memasuki menit ke-30, gawang Hart diancam lewat usaha Markus Rosenberg, namun sepakan sang striker masih bisa ditangkap kiper City tersebut.

Pada menit ke-31, Milner nyaris saja membawa timnya unggul andai sepakan dari jarak dekat tidak menyamping ke kiri gawang. Dua menit berselang, gawang Myhill dikejutkan dengan tendangan keras Tevez dari depan kotak penalti, namun bola masih membentur tiang gawang.

Pasukan Roberto Mancini akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-35. Berawal dari kesalahan pemain lawan yang gagal mengontrol, bola dicuri Nasri dan dikirimkan kepada Tevez yang kemudian berlari di sisi kiri pertahanan lawan. Sudah ada Dzeko yang menyambut dengan tendangan menyilang badan dan bola menjurus ke pojok kiri gawang.

Jelang pertandingan babak pertama akan berakhir, City membombardir pertahanan West Brom. Tendangan Rodwell nyaris berbuah gol andai tidak membentur badan salah seorang pemain lawan sehingga bola menyamping ke kanan gawang. Tendangan Dzeko dari luar kotak penalti juga masih mengenai mistar kiri gawang.

Di masa injury time, Rosenberg sempat mengejutkan pertahanan tuan rumah. Tembakan dari jarak jauh yang dilepaskan sang striker tepat mengarah pada dekapan Hart. Satu menit berselang, giliran West Brom yang diancam. Menerima umpan Tevez, Rodwell melepaskan tendangan di dekat garis kotak penalti, namun  masih melambung di atas mistar gawang. Pertandingan babak pertama berakhir untuk keunggulan City 1-0.

Babak Kedua

Seperti halnya di babak pertama, West Brom tampil dominan di awal babak kedua ini. Sebuah peluang lewat tendangan bebas mereka dapatkan setelah Javi Garcia melakukan pelanggaran terhadap Rosenberg. Sang striker sendiri yang melakukan eksekusi, namun bola membentur mistar gawang. Sempat terjadi kemelut di muka gawang, namun Hart dengan sigap mengamankan bola.

Pada menit ke-56, West Brom kembali mendapat peluang bagus. Mendapat bola di depan kotak penalti, James Morrison melepaskan tembakan keras, namun Hart dengan sigap menangkapnya.

Gawang West Brom dibombardir tiga kali saat pertandingan memasuki menit ke-63. Peluang terakhir didapat Rodwell ketika memanfaatkan bola liar di dekat tiang gawang, namun sepakan kerasnya masih bisa ditepis Myhill.

Milner memiliki peluang bagus pada menit ke-71. Tendangan keras sang gelandang timnas Inggris itu dilakukan di sisi kiri gawang, namun masih bisa ditangkap Myhill.

West Brom tidak mau kalah. Lima menit berselang, Rosenberg melakukan tendangan memantul tanah setelah menerima umpan dari sayap kanan, namun bola masih bisa digagalkan Hart.

Saat pertandingan menyisakan empat menit di waktu normal, Dzeko nyaris mencetak gol keduanya andai kiper West Brom tidak sigap mengantisipasi bola. sepakannya masih membentur salah seorang pemain lawan dan bola melambung ke arah gawang, namun Myhill dengan sigap menangkap bola.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta. City menang berkat gol Dzeko yang tercipta di babak pertama.

Sumber: goal.com