Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aktivitas Pemotongan Lahan Picu Pengkatan Penderita ISPA di Kabil
Oleh : Ali
Selasa | 07-05-2013 | 18:20 WIB
ispa.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Foto: waspada)

BATAM, batamtoday - Tingginya jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan Diare yang dialami warga Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, tidak tertutup kemunginan imbas dari maraknya aktivitas pemotongan lahan di beberapa titik di wilayah ini.

Pimpinan Puskesmas Kabil, dr. Dewi Murni menyampaikan, mengalami peningkatan setiap bulannya di tahun 2012 untuk jumlah pasien yang mengeluhkan penyakit ISPA di Kabil.

"Dari data kami selama kurun waktu bulan Maret 2013, tercatat sebanyak 196 penderita laki-laki serta 187 penderita ISPA perempuan yang mendapat perawatan di Puskesmas," terangnya, Selasa (7/5/2013).

Selain ISPA, tambahnya, penderita penyakit Diare juga mengalami peningkatan dari bulan kebulan di tahun 2012. Bahkan jumlah penderita mengalami peningkatan yang melakukan perobatan di Jalan Hasanudin Simpang PTK Kavling Baru, Kabil ini.

"Misalnya jumlah pasien di tahun lalu mencapai 70 pasien, beberapa bulan berikutnya meningkat mencapai ratusan penderita penyakit ini," terangnya sembari mengatakan perlu perhatian pemerintah dan masyarakat itu sendiri akan pola kesehatan.

Menurutnya, tidak hanya debu  penyebeb penyakit tersebut, faktor pendukung lainnya juga dikarenakan faktor cuaca. Terlebih, karena iklim kita di wilayah tropis, dengan tingkat kelembaban udara yang selalu berubah.

Editor: Dodo