Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anwar Ibrahim Serukan Demonstrasi Sikapi Hasil Pilihan Raya
Oleh : Dodo
Selasa | 07-05-2013 | 18:11 WIB
Anwar_Ibrahim_speaking.jpg Honda-Batam
Anwar Ibrahim.

SELANGOR - Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim menyerukan kepada para pendukungnya untuk berunjuk rasa besok malam di Stadion Petaling Jaya, Kelana Jaya, Negara Bagian Selangor.

Dia meminta demonstran menggunakan pakaian serba hitam sebagai protes terhadap hasil pemilu. "Ini bakal menjadi permulaan gerakan tegas buat membersihkan negara ini dari kecurangan dalam pemilu," kata Anwar dalam jumpa pers di kantor pusat Partai Keadilan Rakyat, Damansara, Kuala Lumpur, seperti dilaporkan merdeka.com, Selasa (7/5/2013).

Komisi Pemilihan Umum menetapkan Barisan Nasional meraup 133 dari 222 kursi di parlemen dan sisanya milik Pakatan Rakyat (kelompok pembangkang). Raihan Barisan ini turun tujuh kursi ketimbang pemilihan lima tahun lalu. Pakatan memperoleh 5.623.984 suara atau 52 persen sokongan.

Hingga kini, Anwar menegaskan pihaknya tidak bisa menerima hasil pemilu karena penuh kecurangan. Dia mengklaim memiliki bukti berupa foto-foto dan rekaman video. "Saya putuskan tetap bersama rakyat, menolak kecurangan dan kepemimpinan tidak sah dalam Barisan Nasional," ujarnya.

Sebab itu, dia menuding pemerintahan Najib Razak tidak sah. "Mereka menipu pilihan raya dan menggunakan sentimen kaum untuk menutupi kecurangan."