Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aksi Saling Dorong Warnai May Day di Lagoi
Oleh : Arjo
Rabu | 01-05-2013 | 11:46 WIB
may-day-aksi-dorong-lagoi.jpg Honda-Batam
(Foto: Arjo/batamtoday)

TANJUNGUBAN, batamtoday - Aksi saling dorong antara buruh dan aparat keamanan mewarnai jalannya peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Rabu (1/5/2013).

Aksi saling dorong itu terjadi saat buruh memaksa masuk ke kawasan pariwisata Lagoi dan dicegah aparat keamanan. Buruh memaksa masuk lantaran ingin bertemu dengan sejumlah pengusaha pariwisata di Lagoi untuk mempertanyakan berbagai persoalan perburuhan yang selama ini belum terselesaikan.

Aksi dorong berakhir setelah tujuh perwakilan buruh dizinkan masuk dan akhirnya tercapai kesepakatan untuk melakukan perundingan lanjutan dengan difasilitasi Disnaker dan Polres Bintan.

"Karena telah terjadi kesepakatan dengan pihak pengusaha, maka akan kita lanjutkan untuk menggelar unjuk rasa ke Lobam," kata Kopong, Ketua SPSI Pariwisata Lagoi.

Sementara itu Parlindungan Sinurat, Ketua FSPMI Bintan, menyampaikan, walau sempat terjadi gesekan dan saling dorong antara buruh dan aparat kepolisian namun menurutnya hal tersebut sesuatu yang biasa terjadi dalam sebuah unjuk rasa.

Pantauan di lapangan, buruh yang melakukan unjuk rasa sedang beristirahat siang di sekitar pintu gerbang kawasan Pariwisata Lagoi, sebelum melanjutkan perjalanan menuju KIB (Kawasan Industri Bintan) Lobam.

AKBP Octo Budhi Prasetyo, Kapolres Bintan, kepada batamtoday mengatakan, anggota akan terus mengawal perjalanan buruh menuju KIB Lobam. "Akan kita kawal hingga unjuk rasa selesai di Lobam," katanya.

Editor: Dodo