Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan May Day di Batam

Kawat Berduri Dibentangkan, Water Canon Disiagakan
Oleh : Roni Ginting/Berton Siregar/Tim Batamtoday
Rabu | 01-05-2013 | 08:49 WIB
Water-Canon-disiagakan-di-kantor-DPRD-Batam-1.jpg Honda-Batam
(Foto: Roni/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Ratusan polisi telah bersiaga di kawasan Engku Putri yang akan menjadi titik sentral peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day. Kawat berduri dibentangkan dan water canon disiagakan di kawasan pusat pemerintahan Batam, Rabu (1/5/2013).

Dari pantauan lapangan, ratusan polisi menyebar di seantero Engku Putri. Mulai Kantor Wali Kota, Gedung DPRD maupun Dataran Engku Putri. Mereka tampak tak dilengkapi senjata.

Dua mobil water canon dan mobil pemadam kebakaran juga disiagakan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

Sementara, halaman Kantor Wali Kota maupun DPRD Batam yang biasanya penuh sesak dengan mobil para pejabat, kini tampak kosong melompong. Hingga pukul 8.30 WIB, tak tampak aktivitas berarti di kantor pemerintahan tersebut.

Informasi yang diperoleh batamtoday, pergerakan ribuan buruh dari berbagai titik kumpul kawasan industri dipecah oleh aparat keamanan. Dari kawasan Tanjunguncang, buruh yang telah berkumpul sejak pagi tadi, akan diarahkan melewati Sei Temiang, Sekupang dan Tiban sebelum menuju Engku Putri.

Buruh dari Tanjunguncang ini nantinya akan bergabung dengan buruh dari kawasan Sekupang di Simpang Sei Harapan.

Sedangkan yang saat ini berada di Mukakuning, masih belum bergerak dan nantinya akan melewati jalur Simpang Kabil, Simpang Kara, Simpang Frengki hingga tiba di titik sentral, Kantor Wali Kota Batam.

Begitu juga buruh dari Batam Centre, Kanvil dan Batuampar akan diberangkatkan secara bertahap dan tidak berbarengan dengan buruh dari kawasan lain agar tidak penumpukkan di luar titik sentral.

Editor: Dodo