Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Embung Fatimah Adakan Seminar Kanker Rahim
Oleh : Berton Siregar
Rabu | 24-04-2013 | 10:25 WIB

BATAM, batamtoday - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batuaji mengadakan seminar tentang kanker rahim (serviks) dan pencegahannya. Seminar yang digelar di aula gedung RSUD Batuaji itu berlangsung dua hari yang dibuka hari ini, Rabu (24/4/2013).

Dengan mengambil sub tema 'Deteksi Dini Kanker Serviks (Rahim) dengan papsmear dan cara-cara pencegahannya, seminar tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua PKK Batam, Mariana Ahmad Dahlan, sekitar pukul 09.00 WIB.

Ny Dahlan dalam sambutannya meminta RSUD Embung Fatimah membuat seminar kesehatan sesering mungkin, karena sangat amat penting bagi kaum wanita. "Kesehatan akan wanita dan juga penyakit yang diderita wanita perlu diketahui oleh setiap wanita, dan juga pencegahanya perlu diketahui," ujarnya.

Adapun nara sumber atau pembicaranya, yakni Kepala RSUD Fadilla RD Malarangan, DR Ismeth M. Nur SP PA dari Universitas Padjajaran Bandung, serta Bagian Patologi Anatomi RSUD, DR Nida Sufrida.

Fadillah dalam sambutannya mengatakan, kalau kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini. "Kita dalam rangka merayakan Hari Kartini, melakukan turnamen Footsal, dan seminar kanker rahim yang diikuti oleh ibu-ibu PKK se-Kota Batam. Dan rumah sakit ini dalam desain programnya, dibuat  untuk  pemahaman ibu dan anak terkait kesehatan belum tersosialisasi dengan baik," ujarnya.

Tuti salah, seorang peserta seminar dari PKK Kecamatan Galang, mengatakan berterimakasih dengan seminar tersebut. "Sangat bagus, karna ini pengetahuan tentang wanita, apalagi bagian organ penting wanita, dan penyakit ini diperkirakan sangat berbahaya, sehingga kita mau tahu bagaimana pencehahannya dan selanjutnya akan kita sampaikan ke anak cucu kita, dan juga masyarakat luas," ujarnya.

Editor: Dodo