Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diwarnai Aksi Gigit Suarez, Chelsea Gagal Menang di Anfield
Oleh : Dodo
Senin | 22-04-2013 | 08:59 WIB

LIVERPOOL - Liverpool mempertahankan rekor bagus menghadapi Chelsea di ajang Liga Primer Inggris dengan memaksakan kedudukan sama kuat 2-2 pada pertandingan di Anfield, Minggu (21/4) petang.

Babak Pertama

Tidak ada nama John Terry dalam susunan tim inti yang diturunkan Chelsea di Anfield, sedangkan Liverpool memainkan formasi agresif dengan memasang trio Stewart Downing, Philippe Coutinho, dan Luis Suarez di lini depan.

Rafael Benitez melambai ke arah pendukung tuan rumah saat nyanyian mengumandangkan namanya bergaung. Benitez rupanya masih menjadi figur populer di sana. Ada spanduk berbunyi "Rafa too good for Chelsea" dan "Thank you, Rafa" di tribun. Tetapi skuat Liverpool tidak mau berbaik hati kepada bekas manajernya itu. Pergerakan Luis Suarez di menit-menit awal memaksa Petr Cech harus bersiaga. Tendangan Glen Johnson menyambut sodoran Suarez masih melebar.

Sebagai balasan, Eden Hazard, Juan Mata, dan Oscar melakukan kombinasi. Upaya tersebut diakhiri tendangan Oscar yang berakhir di tangkapan Pepe Reina. Pertandingan berjalan kian menarik. Tendangan keras Ramires dari jarak 25 yard kembali pupus dimentahkan Reina.

Menit 26, Reina tak kuasa lagi mempertahankan gawangnya. Lewat pergerakan sederhana, Oscar menyambut tendangan penjuru Mata di tiang dekat untuk melesakkan bola. Ini merupakan gol kedua Oscar di kancah Liga Primer sejak Desember lalu.

Tekanan tim tamu tak berhenti. Tendangan bebas David Luiz dari jarak 35 yard kembali menjadi peluang. Tangkapan Reina tidak lengket, beruntung ketika bola bergulir menuju dalam gawang dengan cepat sang kiper menguasainya kembali. Hampir saja.

Peluang terbaik Liverpool menyamakan kedudukan di akhir babak pertama diperoleh Suarez. Berhasil melewati kawalan Luiz, Suarez melepaskan tembakan keras. Namun, Cech masih tak tergoyahkan.

Kedudukan 1-0 untuk tim tamu bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Liverpool bangkit selepas jeda. Brendan Rodgers melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Coutinho dan memasukkan bekas pemain Chelsea, Daniel Sturridge. Taktik ini berhasil mempertajam serangan tuan rumah.

Baru beberapa menit bermain, tendangan Sturridge menerpa tiang gawang Cech. Pada menit ke-52 Sturridge melesakkan gol balasan Liverpool. Diawali umpan panjang Jose Enrique dari garis tengah, Downing langsung melepaskan umpan ke arah Suarez di belakangnya. Dengan cermat Suarez mengayunkan umpan silang untuk diselesaikan Sturridge di tiang jauh.

Kedudukan seimbang hanya bertahan lima menit akibat handball yang dilakukan Suarez di wilayah pertahanan sendiri. Percuma Jamie Carragher melancarkan protes karena wasit Kevin Friend tetap pada pendirian menunjuk titik putih dan mengartukuning Suarez. Eksekusi mendatar Hazard sukses mengecoh Reina.

Tensi pertandingan mulai meningkat. Carragher kembali melakukan protes ketika pelanggaran terhadapnya berbuah tendangan bebas. Menurut bek Liverpool itu pelanggaran terjadi di dalam area penalti sehingga seharusnya berbuah tendangan penalti. Dari tayangan ulang televisi terlihat keputusan Friend sudah tepat.

Tayangan ulang juga kemudian menunjukkan ulah tak terpuji Suarez. Dalam sebuah perebutan bola terlihat Suarez menggigit lengan Branislav Ivanovic. Kejadian ini mengingatkan ketika Suarez "memakan" Otman Bakkal ketika masih memperkuat Ajax Amsterdam, 2010 silam.

Pergantian berikutnya dilakukan Rodgers dengan memasukkan Jonjo Shelvey dan mengeluarkan Downing. Shelvey langsung beraksi. Kartu kuning diperolehnya karena melanggar Oscar. Pemain yang dilanggar tak bisa melanjutkan pertandingan sehingga harus digantikan dengan Victor Moses. Beberapa saat kemudian Shelvey memperoleh peluang bagus, tapi tendangannya masih menyamping.

Protes pemain kembali terjadi pada menit ke-87 ketika Sturridge menendang kaki Ryan Bertrand. Protes keras dilancarkan Luiz sehingga memantik aksi dorong-dorongan dengan Carragher. Beruntung keadaan tidak memburuk.

Suarez, si pemain kontroversial, menjadi pahlawan timnya dengan menyarangkan gol penyama kedudukan saat pertandingan memasuki menit ketujuh tambahan waktu. Umpan silang Sturridge dari sayap kanan disambut Suarez di tiang dekat. Bola mengarah ke tangan Cech, tetapi terlalu kencang untuk bisa dibendung. Skor 2-2 bertahan hingga pertandingan selesai.

Gagal sudah kemenangan pertama Chelsea atas Liverpool di ajang Liga Primer sejak 2 Mei 2010.

Sumber: goal.com