Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Targetkan Bebas TB di 2016
Oleh : Gokli
Sabtu | 13-04-2013 | 18:50 WIB
kadinkes_chandra_rizal.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, drg Candra Rizal.

BATAM, batamtoday - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, drg Candra Rizal menargetkan pada 2016, Batam bebas dari penyakit Tuberclosis (TB). Sebab, seluruh Rumah Sakit maupun Puskesmas yang ada di Batam sudah dapat melakukan penanggulangan.

"Tiga tahun ke depan penderita TB tidak lagi ada di Batam. Tiap tahun jumlahnya akan terus menurun,"kata dia, pada saat Bulan Kampanye TB di dataran Engku Putri, Batam Center, Sabtu (13/4/2013).

Penderita TB, sesuai dengan data Dinkes Batam pada tahun 2012 lalu, kata Candra hanya ada 150 pasien per 100.000 penduduk. Namun, data tersebut diakuinya kemungkinan lebih karena masih banyak masyarakat yang enggan ataupun malu untuk berobat.

Ia mengatakan, penyakit menular tersebut dapat diatas atau disembuhkan dalam kurun waktu tiga samapi enam bulan masa pengobatan rutin. Sehingga, masyarakat atau penderita TB tak perlu malu untuk memeriksakan diri, supaya dapat ditangani secara medis.

"Selain mengobati, pencegahan juga perlu dengan pola hidup sehat,"sebutnya.

Sebelumnya, TB ini dikenal oleh kalangan masyarakat dengan sebutan TBC (Tuberclosis Cyderome). Akan tetapi, sebutan TBC ini menjadi stigma jelek di pikiran masyarakat. Sehingga, sebutan TBC diubah menjadi TB.

Untuk penanggulangan atau pemberantasan penyakit TB ini, dikatakan Candra, Pemerintah sudah menyediakan obat gratis di setiap Puskesmas. Bahkan, pengobatan terhadap penderita akan dilakukan hingga sembuh total.

"Masyarakat Batam tak perlu takut atau malu untuk berobat. Obat-nya ada di Puskesmas yang diberikan Pemerintah secara gratis," tutup dia.

Editor: Dodo