Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selly "Si Penipu" Ditangkap di Bali
Oleh : Andri Arianto
Senin | 28-03-2011 | 11:08 WIB

Bogor, batamtoday - Dua petugas dari jajaran Satuan Reserse Kriminal Mapolres Bogor Kota berhasil menangkap Selly Yustiawati (29) di Bali. Saat ditangkap, Selly yang diduga telah melakukan penipuan melalui situs jejaring sosial facebook berkedok investasi tengah bersama rekan prianya berinisial BM (30) tahun.

''Masih mencari jadwal penerbangannya dulu, hari ini kami jemput.'' ujar Kasat Reskrim Ajun Komisaris Indra Gunawan, menjawab wartawan, Senin 28 Maret 2011.

Kedua petugas polisi itu menangkap Selly di Jalan Padma Utara, Kuta.

Indra menjelaskan penjemputan akan dilakukan oleh dua perwira meliputi Inpektur Satu Adrian dan Inspektur Dua Nasrudin.

''Dua perwira yang akan menjemputnya,'' papar Indra.

Sementara itu, Selly yang menjadi DPO jajaran Reskrim Polres Bogor setelah sejumlah orang mengadukan aksi penipuan berkedok investasi dengan memanfaatkan jejaring sosial Facebook, pada tahun 2010 lalu kepada wartawan mengaku dirinya tidak pernah melakukan penipuan.

Selly berdalih selama ini hanya meminjam uang rekan bisnisnya dan sebagian telah dikembalikan.

"Aku enggak nipu, aku cuma pinjam, karena semua enggak ada barang bukti, enggak ada yang tertulis, karena semua dari teman," tegas Selly saat ditemui di Mapolsek Denpasar Selatan.

Selly menolak disebut penipu. Lagi pula, menurut pengakuannya, uang yang selama ini ia pinjam sudah dikembalikan. "Ada beberapa yang aku kembalikan, ada yang sudah membuat surat pernyataan, dan ada yang sudah lunas," jelas wanita berusia 26 tahun ini.

Saat ditanya kenapa selama ini menghilang, ia mengaku takut karena opini masyarakat telah memandang dirinya negatif.
"Sekarang bukan menyesal, tapi lebih dijelasin biar terungkap semua, karena selama ini wartawan hanya melihat satu sisi korban, tapi enggak melihat dari saya juga," ungkap Selly.

Seperti diberitakan, Selly yang selama ini terkenal sebagai penipu ulung tertangkap aparat Polsek Denpasar Selatan saat sedang berlibur di Bali bersama kekasihnya, Sabtu (26/3/2011) lalu.

Lebih dari setahun yang lalu, Selly sempat menjadi bahan pergunjingan para facebooker setelah dia memanfaatkan situs jejaring sosial ini untuk melakukan penipuan.

Salah satu modusnya adalah menawarkan investasi melalui bisnis pulsa dengan menjanjikan keuntungan berlipat kepada korbannya. Namun, setelah si korban mentransfer sejumlah uang ke rekeningnya, Selly langsung kabur.

Korban Selly berasal dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Tangerang, dan beberapa kota lainnya. Modus lainnya yang sempat terendus polisi adalah pada tahun 2009 Selly pernah berpura-pura menjadi wartawati Kompas dan melakukan penipuan kepada karyawan Hotel Grand Mahakam dan Kompas Gramedia.