Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rapat Paripurna DPR Sahkan Agus Martowardojo sebagai Gubernur BI
Oleh : si
Selasa | 02-04-2013 | 18:23 WIB
Agus_Martowardoyo.jpg Honda-Batam

Agus Martowardojo

JAKARTA, batamtoday - Rapat Paripurna DPR RI mengesahkan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) Periode 2013-2018 menggantikan Darmin Nasution yang memasuki masa pensiun pada Mei mendatang, setelah mendengar laporan Ketua Komisi XI Emir Moeis.


"Persetujuan ini agar diproses lebih lanjut sesuai dengan proses yang ada. Semoga Agus Martowardojo dapat melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya," tutur Wakil Ketua DPR Pramono Anung dalam Rapat Paripurna DPR di Jakarta, Selasa (2/4/2013). 

Ketua Komisi XI DPR Emir Moeis dalam laporannya mengatakan,  pembahasan calon Gubernur BI. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui surat No R-07/Pres/02/2013 tanggal 22 Februari 2013, mengusulkan Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018, menggantikan Darmin Nasution.

Komisi XI lalu melakukan kegiatan proses calon Gubernur BI. Pada 5 Maret 2013, Komisi XI menggelar rapat internal dan melakukan fit and proper test terhadap calon Gubernur BI, setelah mendengar masukan dari BIN, PPATK, BPK, dan pakar ekonomi.

Pada 25 Maret 2013, Komisi XI melakukan RDPU untuk uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Gubernur Bank Indonesia. Kemudian, pada 26 Maret, digelar rapat internal untuk melakukan proses pengambilan keputusan.

"Setelah penghitungan suara, Komisi XI menyetujui Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018, menggantikan saudara Darmin Nasution," tutur Emir.

Setelah persetujuan tersebut, pimpinan DPR mempersilakan Agus Martowardojo untuk memperkenalkan diri kepada segenap anggota dewan yang hadir. Dalam perkenalan itu, Agus Martowardojo yang masih menjabat sebagai Menteri Keuangan didampingi Pramono dan Ketua DPR Marzuki Alie.

Seperti diketahui, pemungutan suara (voting) di Komisi XI, 26 Maret 2013 silam, sebanyak 46 suara menyetujui Agus Martowardojo sebagai Gubernur BI. Sedangkan tujuh suara menolak serta satu suara lainnya abstain.  Total anggota Komisi XI yang menyampaikan hak pilihnya adalah 54 anggota.

Ditemui seusai Rapat Paripurna, Agus Martowardojo mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih atas persetujuan DPR. Dengan demikian, dirinya akan mulai menggantikan Gubernur BI saat ini Darmin Nasution pada pertengahan Mei nanti. 

"Jadi saya akan siap untuk bertugas," kata Agus. 

Namun, Agus menyadari bahwa tugasnya sebagai sebagai Menteri Keuangan masih banyak target yang telah ditetapkan belum tercapai.  

Karena itu, target utama yang harus diperhatikan siapa pun penggantinya nanti adalah harus dapat mewujudkan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) yang wajar tanpa pengecualian (WTP).

"Target yang harus dijaga adalah laporan keuangan itu harus wajar tanpa pengecualian," ujarnya. 

Agus menuturkan, jangan sampai upaya keras yang dilakukan dirinya di dalam instansi bendahara negara tersebut malah menurun kinerjanya dengan pergantian nanti. 

"Jangan sampai di ujung pertanggungjawaban itu turun," tuturnya.

Ia berharao penggantinya nanti harus dapat menjaga ketahanan fiskal pemerintah agar ekonomi Indonesia masih terjaga di tengah kondisi global saat ini. 

Editor : Surya