Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SBY Ketua Umum Demokrat

Marzuki Tegas Tolak Tawaran SBY soal Ketua Harian
Oleh : si
Sabtu | 30-03-2013 | 19:30 WIB
Marzuki-Ali-ketua-DPR-RI-2.jpg Honda-Batam
Marzuki Alie. (Foto:Ist)

DENPASAR, batamtoday - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Bali telah memilih Ketua Majelis Tinggi yang juga Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai ketua umum Demokrat menggantikan Anas Urbaningrum.



Sebelum terpilih, SBY mengajukan beberapa syarat antara lain tugasnya sebagai ketua umum akan dilaksanakan pengurus harian dibawa koordinasi ketua harian, karena tugasnya sebagai Presiden RI tidak bisa ditinggalkan.

Namun hal itu ditolak Marzuki Alie, Wakil Ketua Dewan Pembina apabila SBY menunjuknya sebagai Ketua Harian Partai Demokrat. Marzuki berdalih ingin fokus menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPR yang tinggal 1,5 tahun lagi. 

"Yang jelas saya tidak akan ketua harian, karena tugas DPR, tidak melakukan tugas harian," kata Marzuki di Grand Inna Beach, Denpasar, Bali, Sabtu (30/3/2013).

Kendati begitu Marzuki siap membantu jika tugas SBY selaku ketua umum, tetapi bukan sebagai ketua pelaksana harian ketua umum. "Posisi mengendalikan partai bersama," katanya.

Nama Marzuki sempat mencuat untuk menjadi ketum. Namun, karena suara DPD mendukung SBY yang dianggap bisa menyatukan para kader untuk bersama-sama membenahi partai yang sedang dilanda masalah.

"SBY payung, memang kita lihat pernah ada faksi. Faksi tidak harus ada, kompetisi kader bukan perpecahan," jelas Marzuki.

Sebanyak 14 nama telah diusulkan sebagai Ketua Harian Partai Demokrat kepada SBY, termasuk didalamnya Marzuki Alie yang secara tegas telah menyatakan menolak untuk dipilih sebagai Ketua Harian. Dari ke-14 nama ini, SBY akan memilih satu nama yang akan ditunjuk sebagai Ketua Harian yang akan diumumkan pada Minggu (31/3).

Adapun ke-14 nama itu, adalah Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Gubernur Jawa Timur Sukarwo,  Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan,  Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo,  Menteri Perhubungan EE Mangindaan, . Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin.

Kemudian  Menteri ESDM Jero Wacik, Wakil Ketua Umum Demokrat Max Sopacua,  Wakil Ketua Umum Demokrat Jhonny Allen Marbun, Ketua DPR  Marzuki Alie,  Direktur Eksekutif Toto Riyanto, Wakil Sekretaris Jenderal Nurhayati Ali Assegaf dan Ketua  DPP Demokrat Sutan Bhatoegana

Editor : Surya