Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Libur Paskah, Arus WNI ke Singapura dan Malaysia Naik 10 Persen
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 28-03-2013 | 16:16 WIB
antri-imigrasi.jpg Honda-Batam
(Foto: Charles/batamtoday)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Jelang libur Paskah dan akhir pekan, jumlah pelancong dari Tanjungpinang, ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia meningkat 10 persen dari hari biasa.

Kepala Hanggar Imigrasi Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pursa Tanjungpinang, Hamdani mengatakan, satu hari sebelum long weekend, jumlah keberangkatan mencapai 370 orang, hingga pukul 15.00 WIB, Kamis (28/32013).

"Persentase kenaikan pelancong yang berangkat ke luar negeri menjelang libur paskah dan akhir pekan mengalami peningatan 10 persen, atau dari 80-90 orang per harinya, saat ini menjadi 100-120 orang," kata Hamdani.

Dari data hanggar Imigrasi Pelabuhaan Sri Bintan Pura, jumlah pelancong yang berangkat dengan negara tujuan Singapura mencapai 100-150 orang, yang berangkat pagi, siang dan sore. Sedangkan tujuan Malaysia, yang hanya memberangkatkan dua kapal antara 80-90 orang.

Sementara, pelancong yang datang dari luar negeri khususnya dari Singapura dan Malaysia ke Tanjungpinang hanya mencapai 127 orang hingga pukul 15.00 WIB tadi.

"Jadi kalau kita bandingkan, yang datang lebih sedikit daripada yang berangkat," kata Hamdani.

Anggap Remeh Petugas, WN Singapura Dipulangkan


Hamdani juga menjelaskan, pihaknya telah memulangkan seorang pelancong berkewarganegaraan, Singapura. Penyebabnya, selain tidak sopan dan menganggap remeh pada petugas Keimigrasian, warga Singapura yang baru tiba di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura itu, juga terlihat mabuk dan membawa minuman keras.

"Jadi karena tidak memiliki perilaku yang baik datang k enegara kita, terpaksa yang bersangkutan, hari itu juga kita pulangkan ke negaranya dan pengajuan visanya kita tolak," ujar Hamdani.

Editor: Dodo