Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambut Paskah, Paus Fransiskus akan Basuh Kaki Tahanan
Oleh : Dodo
Kamis | 28-03-2013 | 16:02 WIB
paus_fransiskus_bbc_vatikan.jpg Honda-Batam
Paus Fransiskus. (Foto: BBC)

VATIKAN, batamtoday - Paus Fransiskus akan dengan membasuh kaki para tahanan di Casal del Marmo, sebuah rumah tahanan anak-anak di Roma, dalam peringatan Paskah, Kamis (28/3/2013).

BBC melaporkan prosesi ini merupakan kelanjutan dari kebiasaan yang dia lakukan sebelum Paskah saat masih menjadi uskup agung Buenos Aires, Argentina.

Biasanya misa pembasuhan kaki berlangsung sebelum Paskah dan digelar di Vatikan atau basilika Roma.

Tetapi Paus Benediktus menggelar misa pembasuhan kaki ini di rumah tahanan anak-anak Casal del Marmo di Roma tahun 2007 silam.

Paus Fransiskus akan melanjutkan tradisi ini di Casal del Marmo pada Kamis 28 Maret sore.

Pencucian kaki pada hari Kamis sebelum Paskah adalah tradisi Kristen seperti masa Yesus Kristus dulu.

Dalam misa pembasuhan kaki, paus akan membasuh dan mencium 12 orang untuk mengikuti ayat Alkitab tentang kerendahan hati Yesus Kristus terhadap 12 rasulnya di malam sebelum dirinya disalib.

"Dengan misa di Casal del Marmo, Paus Fransiskus akan melanjutkan tradisi ini yang menggambarkan konteks rendah hati,'' demikian isi pernyataan Vatikan.

Disebutkan juga bahwa sebelum menggelar misa pembasuhan kaki, Paus Fransiskus juga akan menggelar misa di hari Wafatnya Yesus Kristus di Santo Peter Basilika.

Paus yang baru, yang pertama dari Amerika Latin, sebelumnya meminta Gereja Katolik Roma untuk lebih dekat dengan rakyat jelata, terutama dengan kaum miskin dan kekurangan.