Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Kepri Tak Terima PNS di 2013
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 28-03-2013 | 09:24 WIB
sekda_kepri.jpg Honda-Batam
Suhajar Diantoro, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tidak melakukan rekruitmen CPNS pada 2013. Hal ini karena Pemprov Kepri belum usai melakukan analisa jabatan dan kuantitas PNS serta PTT dirasa masih cukup.


"Jadi untuk 2013, penerimaan PNS di Provinsi Kepri belum ada dan masih menunggu hasil analisa jabatan (Anjab) dan analisas beban kerja yang ada," kata Suhajar Diantoro, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, kemarin.

Selain itu, dengan adanya moratorium peraturan empat menteri membuat penerimaan PNS tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan kemampuan daerah.

"Saya sendiri memprediksi, pun nanti ada penerimaan CPNS, mungkin hanya di jabatan-jabatan profesi tertentu saja, khususnya tenaga teknis, yang memang membutuhkan tambahan, seperti perawat dan dokter dan guru," ujarnya.

Sesuai dengan adanya moratorium peraturan empat menteri dalam penghentian penerimaan CPNS, Pemerintah Provinsi Kepri saat ini baru membuat analisa jabatan.

Pemerintah Provinsi Kepri, telah memiliki 3.500 PNS, ditambah jumlah PTT yang terdaftar di Sekretariat Daerah sebanyak 1.000 orang, hingga asumsi kekurangan berdasarkan beban kerja hanya sekitar 200-300 orang.

Di lain sisi, Suhajar juga mengatakan verifikasi penerimaan PNS dari 181 PTT yang dinyatakan lolos dua tahun lalu, saat ini tinggal menunggu pengumuman dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

"Dan saya juga sudah mengatakan, kalau ada dari PTT yang diajukan tersebut tidak memenuhi syarat, dapat tidak diluluskan, karena secara de facto pengangkatan PNS itu adalah merupakan kewenangan pusat," pungkasnya.

Editor: Dodo