Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dugaan Malpraktek di RS Awal Bros, Soritua Persilakan Lapor ke IDI Batam
Oleh : Hendra Zaimi
Selasa | 26-03-2013 | 15:00 WIB
kaki-melelpuuh.gif Honda-Batam

(Foto: batamtoday)

BATAM, batamtoday - Kasus dugaan malpraktek terhadap korban Raya Nainggolan (48), pasien RS Awal Bros yang meninggal dunia dengan kondisi kulit di sekujur tubuhnya melepuh, hingga kini tak ada keputusan akhir tentang permasalahan tersebut di organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Batam.

Ketua IDI Batam, dr Soritua Sorumpaet ketika dikonfirmasi batamtoday terkait sejauh mana penanganan kasus tersebut setelah dilaporkan pihak keluarga, mengatakan sejak dirinya menjabat sebagai Ketua IDI Batam belum mengetahui tentang laporan tersebut.

"Kasus dugaan malpraktek yang mana ya? Saya belum mendapatkan informasi tersebut setelah menjadi Ketua IDI Batam," kata Soritua ketika dihubungi batamtoday, Selasa (26/3/2013).

Dijelaskannya, kemungkinan kasus itu tak dilanjutkan IDI Batam sebab sudah ada kesepakatan antara kedua pihak untuk menyelesaikan secara kekeluargaan, sehingga kasus itu tak dipermasalahkan lagi dan tak ditindaklanjuti oleh IDI Batam.

Disinggung batamtoday tentang adanya usaha perdamaian yang dilakukan manajemen RS Awal Bros terhadap keluarga korban untuk menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan, Soritua menegaskan hal itu sah-sah saja tapi tak serta merta menghentikan penyidikan yang dilaksanakan IDI Batam.

"Jika ada usaha perdamaian itu sah-sah saja, tapi kini kita ada menerima laporan lanjutan dari pihak keluarga. Namun bila pihak keluarga masih kurang puas, silakan lapor ke kami dan kami siap menindaklanjutinya," terang Soritua.

Diberitakan sebelumnya, Raya Nainggolan (48), pasien dari RS Awal Bros tewas dengan kondisi kulit di sekujur tubuhnya melepuh. Tewasnya pasien ini diduga akibat malpraktek yang dilakukan oleh dokter di rumah sakit tersebut.

Raya warga Perumahan Kavling Sagulung Bahagia blok N/61 tewas pada Jumat (19/10/2012) sekitar pukul 08.30 WIB. Kulit di sekujur tubuhnya melepuh akibat setelah makan obat resep dokter yang diberikan oleh dokter M Alwi di RS Awal Bross.

Dorismeri Silalahi (44), istri Raya yang ditemui di rumah duka yakin suaminya meninggal akibat malpraktek yang dilakukan dokter M Alwi di RS Awal Bross.

Editor: Dodo