Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Coklat Kurangi Risiko Stroke
Oleh : Dodo
Selasa | 26-03-2013 | 12:33 WIB

BATAM, batamtoday - Satu lagi kabar bagus buat penggemar cokelat. Penelitian terbaru menunjukkan, mengkonsumsi sebatang cokelat hitam (tanpa pemanis) bisa berpengaruh langsung pada otak dan mengurangi risiko stroke.


Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah moderat akan bagus buat kesehatan. Nah, penelitian terbaru yang dilakukan tim dari  Glasgow University, membuktikan bahwa mengkonsumsi cokelat bisa mempengaruhi pembuluh darah.

Dalam penelitian yang dipublikasikan jurnal Neurology ini, peneliti menghitung kecepatan aliran darah melalui arteri terbesar pada otak ketika subjek penelitian itu tengah terbaring mengkonsumsi cokelat.

Peneliti menemukan bahwa cokelat punya pengaruh pada perubahan kadar karbondioksida yang punya pengaruh pada pembuluh darah, serta meningkatkan aliran darah, yang pada gilirannya berpengaruh pada sel-sel otak.

"Mengkonsumsi cokelat batang dalam kadar yang normal diasosiasikan dengan perubahan kekakuan pembuluh darah," kata Profesor Matthew Walters, yang memimpin penelitian ini, sebagaimana dilansir Daily Mail.

Walters melanjutkan, hasil penelitian ini konsisten dengan pengaruh langsung cokelat terhadap pembuluh darah otak. "Cokelat meningkatkan kemungkinan adanya pengaruh langsung dari beberapa komponen cokelat terhadap pembuluh darah. Ini masuk akal karena molekul flavonoid terkandung pada cokelat," lanjut dia.

"Kami pikir penurunan risiko stroke bisa disebabkan oleh cokelat yang mengubah perilaku pembuluh darah otak," kata Walters.

Manfaat flavonoid, yang ditemukan pada beberapa  tanaman termasuk cokelat, adalah sebagai antioksidan yang berkontribusi pada pencegahan penyakit jantung.

Sayangnya, cokelat yang beredar di pasaran umumnya bukan cokelat hitam. Kandungan gula tinggi dan lemak yang ada pada cokelat di pasaran malah menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko stroke.

Sumber: Tempo.co