Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebakaran di Jalan Sunaryo, Barang Penghuni Kos Tak Bisa Diselamatkan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 14-03-2013 | 17:37 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Barang-barang milik 9 keluarga penghuni kos di Jalan Sunaryo, Gang Pelita RT 01/RW 08, Kelurahan Bukit Cermin tak bisa diselamatkan dari amukan api saat kebakaran hebat terjadi, Kamis (14/3/2013) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dahlia (28), seorang saksi mata mengatakan awal pertama kebakaran di ruang kos rumahnya diketahui, tidak lama saat dirinya pulang dari  jalan-jalan. Saat membuka pintu kamar kos, tiba-tiba dilihat api yang berasal dari atas atap sudah membakar kasur di dalam kamarnya.

"Saat itu, saya teriak-teriak, tolong-tolong-tolong rumah kami terbakar," ujar Dahlia yang saat itu didampingi suaminya, Mukhlis.

Dahlia juga mengaku, kalau sebelumnya dirinya tidak ada melakukan aktivitas memasak, selain alat pemasak nasi yang tersambung ke listrik kamarnya.

"Kami tidak ada masak, hanya ada magic jar yang tersambung ke listrik," kata Dahlia lagi.

Dahlia dan Pendi, serta 6 penghuni lain, mengaku tidak sempat menyelamatkan barang-barang rumah tangga masing-masing karena api begitu cepat merambat hingga menghanguskan seluruh ruangan.

"Barang semua habis terbakar, tidak ada yang bisa diselamatkan, selain hanya baju sehelai yang melekat di badan ini," kata Pendi, anak Endang sang pemilik rumah kos.

Kapolsek Tanjungpinang Barat, AKP Wawan Saifulloh, mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan kerugian hingga saat ini belum dapat ditaksir.

"Kita masih tetap lakukan penyelidikan, terkait penyebeb kebakaran. Namun berdasarkan keterangan saksi mata, Dahlia, dugaan sementara akibat korsleting listrik, karena saat korban datang, api dilihat di atas plafon dan sudah membakar kasur miliknya," kata Wawan.

Editor: Dodo