Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Focus Group Discussion Batam Techno Park

Inkubator Teknologi Dukung Para Teknopreneur
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 14-03-2013 | 11:32 WIB
INDUSTRI DI KABIL.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - BP Batam menggelar Focus Group Discussion (FGD) Batam Techo Park sebagai fasilitasi kebutuhan industri akan kebutuhan dalam pengembangan, penelitian yang berkaitan dengan Inovasi Teknologi (IT) sehingga mendorong industri yang berbasiskan teknologi, Kamis (14/3/2013).

Syamsul Bahrum, salah satu pembicara yang mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepri mengatakan bahwa industri dengan IT mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah Pemko Batam maupun Provinsi Kepri.

"Banyak gedung di Kepri yang diharapkan dibangun dengan IT. Mengusulkan model IT di Kepri Marine IT Base. Hal itu akan melibatkan seluruh kementrian," kata Syamsul.

Sementara Muslim Ansori, pembicara dari Politeknik Negeri Batam mengatakan harapan dengan Batam Techno Park bisa menciptakan wira usaha.

"Mencoba menciptakan jiwa wirausaha bagi mahasiswa Politeknik Batam," ungkapnya.

Selepas itu, Iwan Sudrajat dari Balai Inkubator Teknologi BPPT menjelaskan inkubator bisnis mendorong agar perusahaan lebih cepat. Dicontohkan, apabila perusahaan atau perorangan punya kemampuan menciptakan tekhnologi, namun tidak punya kemampuan finansial, marketing maka akan difasilitasi oleh Batam Techno Park, inkubasi menciptakan pengusaha sampai sehat.

"Kalau sudah sehat maka akan dilepas. Teknopreneur berjumlah paling sedikit  2 persen dari jumlah penduduknya," ujar Iwan.

Untuk diketahui bahwa tujuan dari Batam Techno Park adalah untuk menfasilitasi kebutuhan industri akan kebutuhan pengembangan, penelitian yang berkaitan dengan Inovasi Teknologi sehingga mendorong industri yang berbasiskan teknologi, serta meningkatkan kapabilitas tenaga kerja di Batam.

Dengan adanya Batam Techno Park, maka sinergi dan kerjasama antara Akademisi (Litbang), Business dan Government (A-B-G) dapat tercipta dengan baik sehingga dapat membantu dan mendorong terciptanya industri yang memiliki added value teknologi tinggi.

Editor: Dodo