Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Tumbangkan Porto, Malaga Lolos ke Perempat-Final
Oleh : Dodo
Kamis | 14-03-2013 | 10:07 WIB

MALAGA, batamtoday - Malaga memastikan diri melangkah ke perempat-final Liga Champions setelah meraih kemenangan dramatis 2-0 atas Porto di La Rosaleda, Kamis (14/3/2013) dinihari WIB.

Dengan kemenangan itu, Malaga unggul 2-1 secara agregate, mengingat di pertemuan pertama di Dragao Stadium tiga pekan lalu hanya kalah dengan skor 1-0.

Malaga juga menegaskan dominasi Spanyol di kancah sepakbola Eropa karena sudah menjadi wakil ketiga yang menembus babak delapan besar. Dua wakil lain yang memastikan lolos adalah Barcelona dan Real Madrid.

Babak I

Laga antara Malaga dan Porto di La Rosaleda ini berlangsung menarik. Kedua tim menyuguhkan permainan menyerang nan atraktif.

Sejumlah peluang juga didapat masing-masing tim. Bahkan Malaga bisa mencetak gol di menit 39.

Javier Saviola berhasil melesakkan bola ke gawang Helton setelah memaksimalkan umpan silang dari rekannya. Namun wasit menganulir gol tersebut karena menilai sebelumnya terjadi pelanggaran terhadap penjaga gawang Porto itu.

Tapi, gawang Porto akhirnya tetap jebol empat menit berselang. Mendapat umpan jauh dari rekannya, Isco membawa bola sebelum melesakkannya dengan tendangan melengkung ke arah tiang jauh tanpa bisa dihalau Helton. Gol indah tersebut membawa Malaga memimpin 1-0.

Babak II

Di babak kedua, Porto kehilangan satu pemain mereka. Defour harus mendapat kartu merah atas pelanggaran terhadap Joaquin. Kartu merah yang didapatnya merupakan akumulasi dua kartu kuning.

Dengan hanya berkekuatan sepuluh pemain sejak menit 49, Porto tetap berjuang keras membalas gol tersebut. James Rodriguez memberikan bola yang mampu disambut Willy dengan tendangan voli. Sayang bagi Porto, bola hanya menyamping dari mistar.

Semenit kemudian, tepatnya di menit 77, Malaga bisa unggul kembali setelah Roque Santa Cruz, pemain yang baru masuk ke lapangan di menit ke-75, mampu memaksimalkan bola dari tendangan sudut dengan sundulannya.

Porto pun langsung bergolak setelah gol itu. Dan hasilnya tercipta gol balasan di menit 80. Berawal dari tendangan sudut, James Rodriguez mengirim bola ke tengah dan bisa disundul masuk oleh Maicon. Akan tetapi wasit menganulir gol itu karena menilai Maicon ada di posisi offside saat mencetak gol.

Dengan sepuluh menit tersisa, Porto terus berusaha mencuri kesempatan mencetak gol. Namun hingga akhir laga, skor 2-0 untuk Malaga tetap bertahan dan tiket perempat-final Liga Champions menjadi milik wakil Spanyol itu.

Sumber: goal.com