Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bapedal Batam Segera Tindak Lanjuti Temuan Limbah Tembakau di Seibeduk
Oleh : Gokli
Senin | 11-03-2013 | 16:48 WIB

BATAM, batamtoday - Badan penanggulangan dampak lingkungan (Bapedal) Batam berjanji akan melakukan tindak lanjut, terkait keberadaan limbah tembakau di daerah Tanjungpiayu Laut, Seibeduk.

Dendi Purnomo, Kepala Bapedal Batam, mengatakan limbah tembakau itu bukan tergolong jenis B3. Akan tetapi, karena masalah pembuangan yang dilakukan sembarangan, hal itu dinilai jelas melanggar aturan yang ada.

"Itu bukan jenis limbah B3, tetapi tetap menyalahi karena buang sembarangan. Akan kami tindak lanjuti," katanya.

Sejauh ini, kata Dendi, informasi yang didapat terkait keberadaan limbah itu masih minim. Seperti masalah tempat, yang belum diketahui secara pasti dan juga pemilik limbah tembakau tersebut.

"Kami akan turun dulu ke lokasi, tempatnya masih belum diketahui secara pasti," ujarnya sambil berlalu.

Diberitakan sebelumnya, pembuangan limbah rokok merk 'John', yang diketahui diproduksi di di Kawasan Tunas Batam Center Batam, di kawasan padat penduduk Tanjungpiayu Laut, nampaknya terus saja berlanjut.

Dari informasi yang berhasil dihimpun dari warga sekitar, pembuangan kemasan-kemasan yang berisi tembakau, abu, kapas, kertas bahan produksi rokok tersebut di Tanjungpiayu Laut sudah berjalan setahun lebih.

Seorang pria yang berjaga di lokasi pembuangan limbah rokok ini, kepada batamtoday mengatakan kalau pembuangan libah di lokasi tersebut sudah berjalan sejak lama. "Sudah lama ini bang, dan kita hanya menjaga saja," ujar pria berkulit hitam itu tanpa bersedia menyebutkan identitasnya, Kamis (7/3/2013).

Pantauan batamtoday di lokasi pada Kamis (7/3/2013), limbah rokok berupa bungkus dan tembakau terlihat dimasukkan ke dalam kantong-kantong plastik. Pada sejumlah kantong plastik tersebut tertera tulisan bahwa bahan-bahan rokok tersebut terdiri dari 4.000 bahan kimia, termasuk tar, nikotin dan karbon monoksida yang membahayakan kesehatan.

Limbah rokok tersebut bahkan ada yang sudah bercampur dengan tanah dan ada juga yang masih tersusun rapi di sebuah pondok terbuka.

Pantauan portal ini di pasaran Batam, rokok merk John ini dijual dengan kemasan (bungkus) yang bertuliskan 'Volcan Tobacco Sdn. Bhd, jalan Betai, Pantai Dalam Light. Ind. Area, 41200 Klang Selangor'.

Editor: Dodo