Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perusahaan Terbesar di Kabil Diduga Buang Limbah ke Laut
Oleh : Redaksi
Senin | 11-03-2013 | 11:42 WIB
limbah-eco-2.jpg Honda-Batam
Limbah yang diduga buangan dari perusahaan di Kabil terlihat mengalir ke laut.

BATAM, batamtoday - Salah satu perusahaan terbesar di Kabil, diduga membuang limbah industri-nya ke laut. Pembuangan limbah itu sendiri dilakukan melalui pipa yang tertanam dan berujung ke salah satu saluran di dekat perusahaan tersebut.


"Pembuangan limbah itu dilakukan saat hujan besar, sehingga air limbah yang disalurkan melalui pipa pembuangan itu tidak terlalu kelihatan karena bercampur dengan luapan air hujan," kata sumber batamtoday di Batam Center, akhir pekan lalu.

Dari pantauan sumber, yang mengaku berdomisili tak jauh dari lokasi perusahaan, air limbah dari perusahaan tersebut terlihat sangat hitam dan mengeluarkan bau tak sedap. "Air yang keluar dari pipa pembuangan itu sangat hitam dan bau. Di laut pun saya lihat sangat sulit bercampur dengan air laut," ujar sumber.

Kepada batamtoday, sumber juga mengaku memiliki data dan rekaman bagaimana air limbah itu mengalir dari saah satu perusahaan terbesar di kabil itu hingga ke laut. "Saya yakin limbah dari perusahaan itu sudag sangat mengganggu biota laut di sekitar Kabil, karena sudah berjalan lama," ujarnya lagi.

Editor: Redaksi