Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Europa

Usai Hantam Inter, Satu Kaki Spurs di Perempat Final
Oleh : Dodo
Jum'at | 08-03-2013 | 09:19 WIB

LONDON, batamtoday - Tottenham Hotspur mengayunkan satu kaki ke perempat-final Liga Europa usai menghantam FC Internazionale tiga gol tanpa balas pada leg pertama 16 besar di White Hart Lane, Jumat (8/3/2013) dinihari WIB.

Bermain dominan sepanjang laga, sang tuan rumah tiga kali menggetarkan jala Samir Handanovic melalui Gareth Bale, Gylfi Sigurdsson, serta Jan Vertonghen.

Kemenangan telak disertai clean sheet ini membuat Spurs amat pantas dijagokan melenggang ke babak delapan besar. Inter sendiri wajib menang dengan selisih empat gol bersih pada partai kedua di Giuseppe Meazza, pekan depan, guna membalikkan agregat.

Babak Pertama

Memegang kendali permainan sejak awal laga, Tottenham tak butuh waktu lama untuk memecahkan kebuntuan. Baru enam menit duel berjalan, gawang Inter sudah koyak oleh tandukan terarah bintang tuan rumah yang sedang on-fire, Gareth Bale, menyelesaikan umpan silang Gylfi Sigurdsson.

I Nerazzurri nyaris kebobolan lagi tak lama setelahnya. Beruntung kiper Samir Handanovic sigap menghadang tembakan Jermaine Defoe.

Skor benar-benar berubah menjadi 2-0 untuk The Lilywhites memasuki menit ke-18. Menerima umpan silang mendatar Aaron Lennon, Defoe melakukan tendangan sambil memutar badan. Percobaan sang striker lagi-lagi ditangkis Handanovic, namun ada Sigurdsson yang langsung menyontek masuk bola muntah.

Keunggulan dua gol tak membuat Spurs mengendurkan tekanan. Terus membombardir gawang Inter, mereka punya peluang untuk mencetak gol ketiga via tandukan Jan Vertonghen yang berawal dari situasi tendangan penjuru, tapi kombinasi penyelamatan Handanovic serta mistar gawang menggagalkan kans tersebut.

Sementara itu, Bale hampir membukukan gol keduanya dalam laga ini, juga melalui sundulan, sayang upayanya kali ini, menerima crossing Defoe, gagal menemui sasaran.

Terus-terusan digempur, Inter mulai bisa mengembangkan permainan memasuki pengujung babak pertama. Satu kans emas diperoleh Ricky Alvarez yang terbebas sendirian usai menerima umpan Antonio Cassano, tapi penyelesaian pemain Argentina itu melebar.

Babak Kedua

Tottenham melanjutkan tekanan di paruh kedua, dan memimpin semakin telak menginjak menit ke-53. Tak terkawal, Vertonghen leluasa menanduk masuk tendangan penjuru Bale dan memaksa Handanovic memungut bola dari dalam gawang untuk ketiga kalinya.

Keberhasilan membuat gol ketiga membuat Spurs semakin percaya diri, dan mereka terus menghasilkan kesempatan demi kesempatan untuk menambah skor.

Bale berlari menggiring bola dan menyudahi aksinya dengan tembakan yang meleset tipis, sementara tendangan Defoe setelah mendapat bola dari Scott Parker bisa dimentahkan Handanovic. Defoe selanjutnya punya dua peluang lagi untuk membukukan nama di papan skor, tapi ia kembali gagal memaksimalkan kesempatan.

Di menit ke-71, Lennon menampilkan aksi brilian untuk melewati hadangan Cristian Chivu. Sayangnya sepakan sang winger kandas oleh penyelamatan gemilang Handanovic.

Sepuluh menit jelang bubar, kembali pasukan Lilywhites mengancam pertahanan Inter. William Gallas mendribel bola hingga ke garis depan sebelum mengumpan kepada Lewis Holtby, namun tendangan sang gelandang muda mengarah tepat ke pelukan Handanovic usai terdefleksi pemain bertahan Inter.

Di sisa pertandingan, Tottenham tampak sedikit mengendurkan tempo, sementara mental Nerazzurri terlihat sudah ambruk dan tak ada determinasi kuat dari mereka untuk setidaknya menipiskan kedudukan. Skor 3-0 untuk laskar Andre Villas-Boas bertahan hingga bubaran.

Sumber: Goal.com