Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

JPKM Karimun Hanya Tanggung Biaya Inap 1 Orang
Oleh : Khoiruddin Nasution
Rabu | 06-03-2013 | 12:20 WIB

KARIMUN, batamtoday - Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM) hanya menganggung biaya inap pendamping pasien saja. Dan itupun hanya satu orang. Sedangkan transportasi, obat-obatan dan biaya lainnya ditanggung sepenuhnya oleh JPKM.

"Masing masing daerah, berbeda jumlah biaya inapnya. Bahkan Kabupaten Karimun tertinggi diantara Kabupaten/ Kota di Provinsi Kepri ini," ujar Kasubbag TU JPKM UPTD Dinkes Karimun, Zulfarianty, Rabu (6/3/2013) di RSUD Karimun.

Menurutnya, biaya inap yang diberikan JPKM Karimun, hanya untuk satu orang pendamping, dengan anggaran Rp 30 ribu per hari.

"Untuk pasien Lily yang membawa serta anaknya, bukanlah menjadi tanggungan JPKM. Dan kami telah mengirimkan biaya inap selama 5 hari, melalui rekening pasien," terangnya.

Lebih jauh wanita berjilbab itu menjelaskan, agar keluarga pasien lebih kooperatif. Menyampaikan segala sesuatunya tentang perkembangan yang ada di sana.

"Kalau harus membeli obat, haruslah obat-obatan yang termasuk di dalam daftar formularium. Dan kuitansi pembelian obatnya itu, nantinya dapat diganti di JPKM Karimun," ujarnya.

Sekali lagi wanita ini berpesan kepada keluarga yang mendapat santunan dari JPKM agar lebih pro aktif menyampaikan perkembangan pasien kepada mereka. Sebab pihak JPKM Dinkes Karimun, tidak ikut serta mendampingi selama pasien berada di rumah sakit.

"Untuk kasus Lily, kemungkinan bisa mendapatkan kaki palsu setelah diamputasi. Dan JPKM Karimun pernah memberikannya kepada salah satu pasien kita dulu. Namun harus melalui terapi dan dianggap layak untuk mendapatkannya," ujarnya mengakhiri.

Editor: Dodo