Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadikan Kota Ramah Lingkungan

Pemko Batam Canangkan Program Car Free Day Sebulan Sekali
Oleh : Hendra Zaimi
Selasa | 05-03-2013 | 17:20 WIB

BATAM, batamtoday - Pemerintah Kota (Pemko) Batam mencanangkan program Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) akan rutin dilaksanakan sebulan sekali di Batam. Kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan mulai sejak tanggal 10 Maret 2013 mendatang dan terpusat di kawasan Nagoya.

"Batam Car Free Day ini akan dilaksanakan sebulan sekali dan dipusatkan di kawasan Nagoya," kata Kadis Perhubungan Kota Batam, Zulhendri kepada batamtoday, Selasa (5/3/2013).

Setiap bulannya nanti, lanjut Zulhendri, program Batam Car Free Day ini dilaksanakan pada pekan kedua dan dilaksanakan pada hari Minggu pagi, mulai sejak pukul enam hingga pukul sembilan pagi.

"Dari hasil rapat SKPD yang telah dilaksanakan kemarin, Program Batam Car Free Day ini akan rutin dilaksanakan pada pekan kedua setiap bulannya," terang Zulhendri.

Kawasan Nagoya, tempat yang telah ditetapkan akan ditutup sementara selama tiga jam dan dijadikan tempat pusat kegiatan bagi masyarakat Batam.

Selain menjadi daerah ramah lingkungan, melalui kegiatan ini dapat mencegah polusi dan emisi dari asap kendaraan yang saat ini sudah memprihatinkan di Batam.

"Agar lebih menarik minat masyarakat, kami akan menempatkan stand kuliner masakan dari berbagai daerah di pusat pelaksanaan Batam Car Free Day," tambahnya.

Berbagai macam kegiatan olah raga yang bisa dilakukan nanti, seperti lari pagi, bersepeda dan senam bersama yang dapat dilakukan masyarakat nantinya.

"Tak lupa posko kesehatan kita dirikan selain dapat mencek darah, kita juga bekerjasama dengan PMI, jika nanti ada masyarakat yang hendak mendonorkan darah mereka," kata Zulhendri mengakhiri.

Editor: Dodo