Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyelewengan BBM Bersubsidi Marak, Rudi Salahkan Pertamina
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 05-03-2013 | 13:42 WIB
rudi-juneri.jpg Honda-Batam
Rudi saat menangkap tangan pelaku penyelewengan BBM bersubsidi di SPBU Top100 Tembesi beberapa waktu lalu.

BATAM, batamtoday - Wakil Wali Kota Batam, Rudi menyalahkan Pertamina seiring dengan maraknya praktik penyelewengan BBM bersubsidi di Batam akhir-akhir ini. Rudi pun menuding Pertamina tahu banyak tentang praktik penyelewengan BBM subsidi di Batam.


"Pengelola SPBU pun sudah banyak mengeluhkan hal itu (penyelewengan BBM subsidi), dan meminta solusi dari Pertamina. Tapi apa yang didapat, tak satupun solusi yang diberikan Pertamina. Padahal merekalah istilahnya yang punya perkerjaan mengenai solar dan kelangkaannya," ujar Rudi kepada wartawan, Selasa (5/3/2013).

Sistem yang digunakan Pertamina dalam hal distribusi BBM di SPBU masih menggunakan sistem secara manual. Seharusnya, menurut Rudi, perusahaan sebesar Pertamina sudah saatnya beralih ke sistim IT dalam tata pendistribusian.

"Jadi bisa terkontrol secara sistematis kalau ingin kasus pelansiran solar tidak marak lagi di Batam," ujar Rudi.

Sebelumnya, Pertamina dan Pemko Batam telah sepakat untuk menerapkan sistim IT dalam tata distribusi BBM bersubsidi untuk meminimalisir praktik penyelewengan.

Rencana penggunaan sistim IT ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Dimana, para pengelola SPBU di Batam, setelah melakukan pertemuan bersama Pemko, Pertamina dan Hiswana Migas sepakat dengan adanya rencana penerapan sistim IT tersebut.

Editor: Dodo