Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Citizen Raup Poin Penuh di Villa Park
Oleh : Dodo
Selasa | 05-03-2013 | 08:52 WIB
carlitos.jpg Honda-Batam
Selebrasi Carlos Tevez usai membobol gawang Aston Villa. (Foto: Getty Images)

BIRMINGHAM, batamtoday - Manchester City memotong kembali jarak dengan Manchester United di puncak klasemen Liga Primer Inggris usai mengalahkan tuan rumah Aston Villa 1-0, Selasa (5/3/2013) dinihari WIB.

The Villans menunjukkan perjuangan gigih dalam laga pekan ke-28 Liga Primer Inggris ini, namun pada akhirnya harus tunduk oleh gol tunggal Carlos Tevez, yang turun sebagai starter menggantikan Sergio Aguero karena cedera.

Dengan hasil ini, skuat Paul Lambert terus terperangkap di zona relegasi dengan nilai 24, sementara ekstra tiga poin mengatrol perolehan angka laskar Roberto Mancini menjadi 59.

Babak Pertama

Menghadapi lawan yang unggul 16 peringkat dan memimpin 32 angka, Villa ternyata tidak ciut. Mereka mengusung tempo permainan tinggi dan mengawali laga dengan relatif nyaman.

Kubu tuan rumah bahkan sempat mencatat penguasaan bola hingga 56 persen meski tampak kesulitan membuat peluang yang benar-benar berbahaya.

Sementara itu, City terlihat kebanyakan menunggu dan tidak terlalu ngotot mengejar gol cepat. Laga pun berjalan relatid datar selama beberapa waktu hingga peluang bagus hadir untuk Villa di menit ke-20.

Christian Benteke menyambut tendangan penjuru Charles N'Zogbia dengan tandukan keras, namun bola dapat disapu Carlos Tevez yang berdiri di garis gawang The Eastlands.

Kans dari Villa membuat skuat Roberto Mancini tersengat. Mereka meningkatkan ritme permainan dan memaksa kiper Brad Guzan melakukan penyelamatan terhadap tembakan Jack Rodwell.

Malang bagi Rodwell, upayanya melakukan tendangan tersebut menyebabkan cedera sehingga ia mesti ditarik dini dan digantikan oleh Edin Dzeko.

Meski begitu, peluang dari Rodwell tersebut membuat kepercayaan diri City bertambah. Mereka makin gencar melakukan serangan dan berkali-kali menebar ancaman untuk gawang Villa.

Usaha tim tamu pada akhirnya terbayar sesaat menjelang turun minum. Memanfaatkan terpelesetnya Ciaran Clark, Dzeko mencuri bola dan menyodorkannya kepada Tevez.

Bomber Argentina itu dengan dingin mengecoh Guzan sebelum menceploskan si kulit bulat tanpa mampu dicegat pemain bertahan Villa yang berupaya mengkover garis gawang.

Babak Kedua

City membuka paruh kedua dengan sebuah kans bagus untuk menggandakan skor. Berawal dari serangan balik kilat, Tevez memberikan umpan yang disambut tendangan voli Dzeko. Beruntung bagi Villa, upaya pemain Bosnia itu melebar setelah terdefleksi Nathan Baker.

Meski sempat terancam di awal, Villa menunjukkan reaksi positif demi mengejar ketertinggalan. Peluang dihasilkan ketika umpan N'Zogbia menemukan Matthew Lowton, tapi tendangan yang dilepas nama terakhir mengarah tepat ke pelukan Joe Hart.

City kemudian ganti melancarkan serangan lagi, kembali melalui sepakan Dzeko, kali ini setelah menerima umpan silang Gael Clichy, namun tendangan sang striker kembali diblok Baker.

Jual-beli serangan terus tergelar di sisa pertandingan. Lowton kembali melakukan percobaan untuk menaklukkan Hart, tapi tembakan kerasnya meleset tipis dari sasaran.

City sendiri sempat membobol gawang Guzan untuk kedua kalinya pada menit ke-73 melalui Dzeko. Tapi sang pemain telah terjebak off-side terlebih dahulu sebelum menyambar bola rebound hasil sepakan Yaya Toure yang membentur tiang setelah sempat sedikit ditepis Guzan.

Menit ke-80, kembali giliran The Villans yang menebar ancaman. Fabian Delph mengakhiri aksi ciamiknya melewati tiga pemain bertahan lawan dengan sodoran ke arah Andreas Weimann, sayang penyelesaian striker Austria itu melambung tinggi di atas mistar.

Tekanan tim tuan rumah semakin deras memasuki pengujung pertandingan. Namun sampai wasit Mike Dean meniup peluit panjang, mereka gagal mendapatkan gol penyeimbang.

Sumber: Goal