Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Anambas Cari Referensi Layanan Satu Pintu
Oleh : Emmi Wati
Rabu | 27-02-2013 | 17:39 WIB
Wakil-Bupati-Anambas,-Abdul-Haris-SH.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

ANAMBAS, batamtoday - Untuk memudahkan segala bentuk pengurusan perizinan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas sedang mencari referensi pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).

PTSP tersebut merupakan rencana dari kantor penanaman modal untuk memudahkan para investor yang akan menanamkan modalnya di Anambas.

"Kita sedang mencari referensi daerah lain yang telah menggunakan layanan terpadu satu pintu. Hal ini kita persiapkan untuk memberikan pelayanan kepada investor dan para pengusaha lokal dalam mengmbangkan dan memajukan Anambas," kata Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris kepada batamtoday, Rabu (27/2/2013).

Abdul Haris menambahkan, beberapa waktu lalu sudah banyak para investor asing dan lokal yang ingin menanamkan modalnya di Anambas terutama dibidang pariwisata dan kelautan. Jika layanan satu pintu terwujud maka para investor maupun masyarakat yang ingin mengurus perizinan akan mejadi lebih mudah.

"Selain untuk investor, layanan satu pintu ini juga untuk masyarakat yang ingin mengurus segala bentuk perijinan tidak bolak-balik lagi mengunjungi dinas yang satu dan yang lainnya. Mereka cukup datang ketempat layanan satu pintu dan menunggu izin keluar di tempat tersebut. Ini akan berjalan ketika layanan satu pintu ini bisa kita wujudkan dalam waktu dekat ini," katanya.

Abdul Haris juga menambahkan, semua perlu dilaksanakan untuk melengkapi hal itu tentu perlu diketahui aturan dan tata cara pelaksanaannya. Kemungkinan besar PTSP nantinya akan di bawah Badan Penanaman Modal namun jika memungkinkan akan berdiri sendiri.

"Jika di daerah lain sudah menggunakan layanan satu pintu dengan sistem online, mungkin kalau kita belum bisa karena jaringan belum memadai secara manual dulu. Tapi sesuai dengan janji PT Sacofa yang akan memberikan penambahan bandwith kepada pemerintah kabupaten kepulauan Anambas maka nantinya dengan menggunakan sistem online juga tidak akan ada kendala lagi," ujarnya.

Anambas, kata Abdul Haris ke depan pasti akan berkembang jadi untuk mempersiapkan segala tuntutan perkembangan ekonomi juga harus dipersiapkan secara dini. Pemkab Anambas segera mencari cara yang tepat untuk melaksanakan program ini agar berjalan dengan baik.

"Ke depan Anambas ini akan berkembang dengan pesat apalagi kita berdekatan dengan negara tetangga pasti cepat maju, namun untuk mempersiapkan itu kita harus mulai dari sekarang. Jadi kita juga berharap seluruh program yang telah direncanakan oleh pemerintah harus didukung oleh semua sektor muali dari DPRD dan masyarakat Anambas pada umumnya," ungkapnya.

Editor: Dodo