Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4 Tips Cegah Kanker Payudara
Oleh : Tunggul Naibaho
Selasa | 22-03-2011 | 13:36 WIB

Batam, batamtoday - Kanker Payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara, Hal ini bisa terjadi terhadap wanita maupun pria. Dari seluruh penjuru dunia, penyakir kanker payudara (Breast Cancer/Carcinoma mammae) diberitakan sebagai salah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian nomor lima setelah kanker paru, kanker rahim, kanker hati dan kanker usus.

Penyakit kanker payudara terbilang penyakit kanker yang paling umum menyerang kaum wanita, meski demikian pria pun memiliki kemungkinan mengalami penyakit ini dengan perbandingan 1 di antara 1000. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker ini terjadi, namun beberapa faktor,

Tidak sedikit perempuan yang terkena penyakit yang satu ini. Berdasarkan data dari International Agencies for Research on Cancer (IARC) tahun 2005 penderita kanker payudara setiap tahun semakin meningkat. Pemicunya, makanan dan lingkungan sekitar.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara.

1.Mengontrol Berat Badan
Sel lemak memproduksi estrogen, yang dapat menjadi ‘bahan bakar’ untuk menumbuhkan sel-sel kanker. Jadi menjaga berat badan tetap proporsional tidak hanya sebagai suatu hal yang estetis, tetapi juga demi kesehatan.

2. Olahraga minimal 30 menit per hari
Bergerak minimal 30 menit setiap hari membantu menjaga berat badan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa untuk mengontrol kadar hormon tetap seimbang.

3. Menyusui
Terutama bagi wanita yang memiliki bayi, cobalah untuk menyediakan minimal enam bulan ASI eksklusif. Metode ini ampuh mengurangi risiko kanker payudara sampai dengan 60 persen.

4. Tidak minum alkohol
Jika Anda mencintai alkohol, batasi diri sendiri untuk mengurangi minum alkohol, tapi lebih baik jika tidak sama sekali. Alkohol dengan zat lain dalam tubuh bisa menjadi sel-sel yang merusak dan memicu kanker.