Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyelewengan BBM Oknum TNI Libatkan Operator SPBU
Oleh : chr/dd
Sabtu | 16-02-2013 | 18:56 WIB
spbu-batu-10.jpg Honda-Batam
SPBU Km.10 Tanjungpinang yang menjadi langganan dan favorit para penyeleweng BBM bersubsidi. (Foto: Charles/btd)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Praktik penyelewengan dan penimbunan BBM bersubsidi jenis solar sebagaimana yang dilakukan oknum TNI-AL Serda Mul, ternyata melibatkan operator SPBU Km10 Tanjungpinang.


Hal itu diketahui dengan adanya hubungan antara pembeli dengan pihak operator bernama Ali di SPBU milik PT Bumi Citra Sarana Lestari di Km 10 Tanjungpinang itu.

Diketahui, Serda Mul dengan mobilnya Isuzu Panther warna hijau bernomor polisi BP 1070 BK telah lama melakoni praktek pembelian BBM jenis solar di SPBU Km 10 Tanjungpinang melebihi kuota 30 liter per unit mobil dalam sekali melakukan pengisian.  

Mobil dengan tangki modifikasi itu, dengan leluasa melakukan pengisian di SPBU milik Hengki Suryawan tersebut tanpa mendapat pengawasan dan teguran dari pihak pengelola.

"Saya beberapa kali memperhatikan, kalau mobil Panther itu melakukan pengisian BBM di sini selalu lama, hingga membuat orang yang antri kadang jengkel," kata Aldi, pengemudi truk yang biasa membeli BBM di SPBU tersebut kepada batamtoday.

Di tempat terpisah, Manajer Operasional PT Bumi Citra Sarana Lestari Aai mengakui lemahnya pengawasan yang dilakukan pihaknya atas praktek penyelewengan BBM di SPBU-nya tersebut.

"Terus terang kami belum tahu ini, karena saya sebagai manajer di sini tidak mungkin mengawasi secara 24 jam, dan selama ini, saya juga tidak pernah mendapat laporan seperti itu," ujar Aai.

Namun ketika awak media menunjukkan gambar operatornya yang diduga bekerja sama dengan sejumlah pemain solar termasuk Serda Mul saat pelaksanaan pengisian BBM ke sejumlah mobil di SPBU itu, Aai tidak dapat berbicara banyak, selain mengatakan akan mengevaluasi operatornya dalam mengawasi praktek yang dilakukan.

Sebelum penggrebekan dilakukan polisi pada Jumat (15/2/2013), mobil Serda Mul terpantau melakukan pengisian di SPBU km 10 sebelum menuju lokasi penimbunan BBM di Km 8 Jalan Pembakaran Mayat. Kendati saat itu terlihat lama, bahkan membuat puluhan mobil mengantri di belakang mobil tersebut, namun operator SPBU bernama Ali, dengan santai mengisi tangki mobil Serda Mul.

Tragisnya akibat kepenuhan, solar dari mobil Serda Mul berceceran di jalanan. Hingga akhirnya mobil menuju Jalan Pembakaran Mayat Km 8. Di sebuah rumah berpagar seng tinggi, oknum TNI ini langsung memasukan mobilnya dan melakukan pemindahan solar dari tangki mobil ke sejumlah jeriken, sebelum akhirnya digerebek Polisi.