Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bersin Saat Berkendara Bisa Berakibat Fatal
Oleh : dd
Sabtu | 16-02-2013 | 16:58 WIB
bersin-saat-berkendara-bisa-berakibat-fatal.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Foto: merdeka.com)

BATAM, batamtoday - Selama ini kebanyakan orang takut mengantuk atau mabuk ketika menyetir. Padahal hal wajar seperti bersin-bersin ketika terkena flu pun bisa berbahaya ketika Anda mengendarai mobil atau motor.

Penelitian menemukan bahwa bersin-bersin, mencari tisu, atau membuang ingus telah menyebabkan sekitar 2.500 kecelakaan selama musim dingin. Lebih berbahaya lagi bagi pengendara motor yang bersin saat berkendara, karena mata mereka pasti tertutup saat bersin.

Ketika bersin atau flu, pengendara disarankan untuk menjaga jarak yang cukup jauh, yaitu sekitar empat mobil, untuk berjaga-jaga ketika mobil tiba-tiba berhenti mendadak.

Penelitian yang dilakukan oleh Halford Autocentres menunjukkan bahwa sembilan persen dari 2,6 juta pengendara di Inggris mengaku sering menutup mata ketika mereka flu atau saat sedang bersin ketika mengendarai mobil atau motor.

"Bersin bisa berakibat fatal karena pasien akan menutup mata mereka sementara. Mengendarai mobil atau motor dalam keadaan seperti ini bisa dianggap tak bertanggung jawab karena bisa menyebabkan kecelakaan dan mengakibatkan kematian serta cedera fatal pada orang lain," ungkap Steve Rounds di Central Motorway Police Group, seperti dilansir oleh Daily Mail (14/02).

Rounds juga menyarankan agar seseorang yang terkena flu lebih baik tinggal di rumah dan tidak mengendarai mobil atau motor. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa 40 persen orang yang sakit masih memaksa untuk masuk kerja dan mengendarai mobil mereka.

Sumber: merdeka.com