Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Tanjungpinang Gelontorkan Rp45 Miliar Atasi Banjir
Oleh : ah/dd
Sabtu | 16-02-2013 | 12:21 WIB
banjir-tanjungpinang-parah.jpg Honda-Batam
Salah satu titik banjir di Kota Tanjungpinang. (Foto: Charles/btd)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelontorkan anggaran Rp45 miliar untuk mengatasi banjir yang terjadi di ibukota Provinsi Kepulauan Riau itu.

"Rp5 miliar untuk anggaran penanggulangan, sedangkan Rp40 miliar untuk pemeliharaan dan penanganan infrastruktur," kata Lis Darmansyah, Wali Kota Tanjungpinang, Sabtu (16/2/2013).

Lis mengatakan anggaran tersebut diambilkan dari APBD Tanjungpinang 2013 untuk pos Dinas PU serta BP2T dan jika mengalami kekurangan pihaknya akan meminta bantuan ke pusat.

Selain menggelontorkan anggaran, Pemko Tanjungpinang juga membentuk tim penanganan banjir yang berasal dari berbagai SKPD dan lembaga vertikal.

Tim ini akan bertugas untuk memberikan rekomendasi dan melakukan pengawasan terhadap pembangunan perumahan, Amdal di Tanjungpinang.

"Tim ini nantinya yang akan memberikan rekomendasi penanganan banjir seperti melakukan pembangunan dan pemeliharaan drainase yang saat ini di beberapa titik sudah tak memenuhi syarat sehingga berakibat banjir," ujar Lis.

Seperti diketahui jumlah titik banjir di Tanjungpinang kian bertambah tiap harinya, dari sekitar 50 titik menjadi 77 titik banjir. Kondisi ini membuat Pemko Tanjungpinang harus bergerak cepat melakukan penanganan.